Subscribe:

20 March 2012

Kekuatan TNI AL Semakin Bertambah

Selama tiga tahun ke depan, TNI AL akan memperkuat jajaran persenjataannya dengan membeli kapal, helikopter dan tank. Ada beberapa alat-alat tempur yang akan dibeli atau dibuat di dalam negeri, yakni 4 Perusak Kawal Rudal (PKR), 16 Fast Torpedo Boat (FTB), 4 unit kapal perusak Trimaran.
Selain itu, masih ada 27 kapal patroli cepat, Multi role Light Frigate buatan BAE Inggris sebanyak 3 unit, 16 Kapal Cepat Rudal (KCR) panjang 40 meter, 2 unit kapal survei Hidro Oseanografi, 1 kapal layar latih, dan 2 unit kapal pengangkut tank.
Menariknya, kapal pengangkut tank, trimaran dan sejumlah PKR diproduksi di dalam negeri. Pemerintah Kodja Bahari sudah menyatakan siap membuat kapal pengangkut tank,
sementara beberapa galangan swasta di Jawa dan Batam akan membuat trimaran dan PKR.
TNI Angkatan Laut juga menganggarkan 2 unit pesawat patroli maritim, 11 helikopter antikapal selam, 6 unit helikopter serang permukaan dan 6 helikopter angkut. Kekuatan ini bertambah dengan adanya hibah 10 unit tank amfibi pengangukt pasukan eks Korea Selatan. 10 unit tank itu adalah jenis LVTP7 produksi Amerika Serikat.
Korea Selatan juga menambahkan hibah tank tersebut sebanyak 25 unit untuk tahun 2012. Tank amfibi yang baru adalah 17 unit BMP3F yang sudah dibeli dari rencana pengadaan 34 unit. Sementara itu, kekuatan artileri pendaratan, TNI AL membeli tiga baterai peluncur roket multi laras 122 mm.
TNI AL berkomitmen untuk memamerkan kekuatan tempur ini pada hari TNI 5 Oktober 2014. Dengan adanya pameran ini, masyarakat akan tahu seperti apa kekuatan tempur TNI yang sebenarnya. (*)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...