Subscribe:

19 March 2012

Pangarmatim Pimpin Upacara Bendera Gabungan TNI dan Polri Gartap III


Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim)  Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum, memimpin upacara bendera gabungan TNI dan Polri se Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya, yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (19/3).

Hadir pada kesempatan tersebut, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito, Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Sadiman, SE,  Gubernur Akademi Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Agus Purwoto, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Hadiatmoko dan para pejabat TNI lainnya.


 Dalam amanat Panglima TNI Agus Suhartono, SE yang dibacakan Pangarmatim diantaranya mengatakan, pemerintah tentunya menyadari bahwa kebijakan mengurangi subsidi BBM yang berdampak kepada kenaikan harga BBM bersubsidi, akan berimplikasi pada kenaikan harga berbagai bahan pokok dan kenaikan tingkat inflasi, yang kesemuanya ini dapat menurunkan daya beli masyarakat.

Namun demikian, lanjut Panglima TNI, pemerintah tidak menutup mata terhadap kondisi masyarakat yang berlaku, sehingga pemerintah telah mempertimbangkan untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat prasejahtera berupa pemberian bantuan Langsung sementara (BLSM), peningkatan pembangunan infrastruktur, bantuan operasional sekolah dan bantuan layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.

Menurut Panglima TNI, ke depan pemerintah telah mengusulkan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi per 1 April 2012. Pemerintah menyadari dan telah memperhatikan gejolak yang mungkin akan timbul sebagai reaksi terhadap kebijakan tersebut. Namun pemerintah melalui program-program pro rakyat juga telah mempertimbangkan sasaran-sasaran yang akan dicapai sebagai kompensasinya.

“Kita semua berharap bahwa reaksi yang muncul sebagai dampak kenaikan harga BBM ini hanya bersifat reaktif temporer dan akan segera kembali normal dalam waktu singkat, karena kebijakan tidak populer itu merupakan pilihan yang paling rasional dan harus diambil pemerintah agar pembangunan nasional tetap berkelanjutan dengan baik,”kata Panglima TNI.

Oleh karena itu, tambah Panglima TNI, perlu dilakukan upaya memelihara stabilitas politik dan keamanan di alam demokrasi ini sebagai prakondisi yang harus diciptakan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, baik dalam lingkup daerah maupun nasional. Selaku alat negara, TNI bertugas mengawal kelangsungan hidup bangsa demi tercapainya cita-cita nasional.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, selaku Panglima TNI saya menekankan kepada segenap jajaran TNI dimana pun bertugas dan berada, untuk tetap mengikuti perkembangan yang ada guna mengamankan dan mengawal realisasi kebijakan pemerintah tersebut,”tegas Panglima TNI. (Dispenarmatim)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...