Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

20 March 2012

SBY Berharap Tidak Ada Perang antara Iran & AS

5:41 PM Posted by Unknown No comments
Foto : Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (zimbio)
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar tidak terjadi perang antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. Seiring dengan munculnya ancaman serangan ke Iran, ancaman penutupan Selat Hormuz juga kian dilontarkan.

Iran mengancam menutup selat Hormuz yang berada di wilayah Iran. Wilayah itu adalah jalur utama perdagangan minyak dari Timur Tengah ke seluruh dunia.

Ancaman penutupan wilayah itu terjadi lantaran sanksi ekonomi baru AS atas program nuklir Negeri Persia.

"Jangan sampai terjadi konflik atau perang terbuka dan insiden Selat hormuz ditutup," kata di Istana Bogor, Selasa (20/3/2012).

SBY menambahkan, saat ini harga minyak sudah mulai meroket. Naiknya harga minyak hanya akan menyulitkan negara-negara berkembang seperti halnya Indonesia.

"Saya harap Iran, AS, dan Uni Eropa tidak melakukan sesuatu yang dampaknya kemana-mana," tukasnya.

Pada Maret ini, AS berniat untuk menandatangani perpanjangan sanksi terhadap Iran yang sudah diberlakukan pada 1995 silam. Menurut Presiden Barack Obama, Iran sudah menimbulkan ancaman yang luar biasa terhadap keamanan nasional, kebijakan luar negeri, dan ekonomi AS.

Perpanjangan sanksi itu disebut sebagai salah satu upaya Washington untuk menekan Iran agar menghentikan program nuklirnya. Hingga saat ini, AS pun yakin tekanan ekonomi yang tepat untuk memperlemah Iran.(AUL)
sumber: okezone 

0 komentar:

Post a Comment