Subscribe:

18 April 2012

Militer Iran: Bavar-373 Lebih Canggih dari S-300!


Menteri Pertahanan Republik Islam Iran Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan, Republik Islam berhasil menorehkan prestasi yang memuaskan dalam produksi rudal dan pengembangan sistem pertahanan udara sebagai pengganti S-300 buatan Rusia.

Di sela-sela upacara peringatan Hari Tentara Nasional Iran di Tehran pada Selasa (17/4), Jenderal Vahidi menandaskan, produksi sebuah sistem rudal alternatif pengganti S-300 untuk pertahanan udara sedang berlangsung. Produksi tersebut terus mengalami kemajuan dan memiliki hasil yang baik.
 
Vahidi menambahkan, informasi terkait perkembangan terbaru dalam produksi sistem rudal canggih itu akan diumumkan pada tahun kalender Iran saat ini (1391 HS).


Pada Oktober 2011, Wakil Kepala Eksekutif Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbia, Jenderal Shahrokh Shahram mengatakan bahwa sistem Bavar-373 akan menjadi pengganti S-300. Sistem tersebut lebih canggih dibanding S-300 buatan Rusia dalam hal pertahanan melawan pesawat tempur dan rudal jelajah.

Dia menambahkan sistem S-300 tidak dapat memenuhi kebutuhan pertahanan Iran saat ini.

Berdasarkan kontrak yang ditandatangani pada tahun 2007, Rusia harus mengirim setidaknya lima sistem  pertahanan udara S-300. Namun, Moskow terus menunda pengiriman sistem tersebut sehingga menuai kritik dari Tehran.

Rusia menolak untuk memberikan S-300 kepada Iran dengan dalih bahwa sistem ini tercakup dalam babak keempat resolusi anti-Tehran oleh Dewan Keamanan PBB.

(IRIB Indonesia/RA)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...