Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

01 April 2012

Myanmar Siap Memilih, Suu Kyi Yakin Menang

10:52 PM Posted by Unknown No comments
Aung San Suu Skyi (Foto: AFP)
YANGON - Pemerintah Myanmar saat ini tengah mengatur persiapan terakhir pemilihan umum sela yang akan berlangsung Minggu 1 April. Sementara pemimpin oposisi Aung San Suu Kyii, yakin dirinya akan menang dalam pemilu ini.

Banyak tempat pemungutan suara yang tersebar dalam 45 konstituansi di seluruh negeri, mulai disiapkan untuk pemilu besok. Rakyat pun siap untuk memberikan memberikan suara untuk pertama kalinya, sejak Myanmar menyatakan komitmennya melakukan reformasi pasca pemerintahan junta militer.

Namun, Suu Kyi sendiri mengkritik bahwa pemilihan kali ini tidak akan berlangsung sepenuhnya dengan adil dan bebas. Namun bersama partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Suu Kyi tetap akan maju untuk mendapatkan kursi di parlemen. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (31/3/2012).

Suu Kyi sendiri akan berjuang untuk mendapatkan suara di wilayah Kawhmu yang jaraknya tidak begitu jauh dari Yangon. Keikutsertaan Suu Kyi dan partainya telah memicu dukungan dari banyak warga, termasuk juga para pelaku bisnis yang tiba-tiba menjual atribut partai.

Sementara Suu Kyi sepertinya tidak akan melakukan kampanye menjelang pemilihan besok. Hal ini disebabkan gangguan kesehatan yang dialaminya dalam kampanye pekan lalu.

NLD akan berjuang untuk mendapatkan 44 kursi di parlemen. Namun bila bisa memenangkan keseluruhan kursi tersebut, posisi NLD sendiri tidak sepenuhnya kuat, karena partai yang berkuasa saat ini jauh memiliki suara di parlemen.

Satu lagi hal yang menarik dalam Pemilu Myanmar kali ini adalah, kehadiran dari pengawas dan wartawan asing yang ingin menyaksikan jalannya pemilu. Dahulu kesempatan seperti ini belum tentu akan diberikan oleh pemerintah.
(faj)
 Sumber: Okezone

0 komentar:

Post a Comment