Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 November 2012

Mau Tau Alutsista yang Dibeli Indonesia? Ini Tipsnya

11:23 PM Posted by Unknown No comments
Pameran Alutsista di PRJ (IST)
Pameran Alutsista di PRJ (IST)
itoday - Sebagai ajang pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) yang diadakan dua tahu sekali, Indo Defense selalu menjadi indikator alutsista apa yang akan dibeli Indonesia untuk keperluan TNI dalam menjaga pertahanan NKRI.

Namun untuk mengetahui Alutsista apa saja yang akan dibeli pemerintah bukanlah hal yang mudah, karena penuh dengan unsur politik dan kerahasiaan negara.

Berikut adalah tips dan trik untuk memperkirakan Alutsista apa saja yang akan dibeli pemerintah selama pameran berlangsung yang diambil dari pengalaman itoday di tiga pameran Indo Defense.

1. Kuasai Isu

Sebelum pameran berlangsung, biasanya isu pembelian senjata sudah ramai di media. Untuk itu, pantaulah media selama pameran Indo defense berlangsung.

2. Ikuti berbagai forum diskusi
Di dunia maya selalu tersedia forum diskusi mengenai militer dan teknologi alutsista. Biasa di forum tersebut, ada bocoran mengenai apa-apa saja yang menjadi topik hangat.

3. Kuasai bahasa asing
Pameran senjata macam Indo Defense selalu dihadiri pabrikan senjata dari luar negeri. Jadi penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris akan sangat membantu dalam berkomunikasi dengan pegawai dari perusahaan senjata asing.

Jika anda menguasai bahasa asing lainnya, seperti bahasa Rusia, Perancis atau lainnya, personel yang menjaga stand akan lebih menghargai anda dan informasi aakan mengalir lebih lancar.

4. Rajin bertanya
Orang-orang dari perusahaan asing, sangat senang jika ada yang bertanya mengenai produknya, apalagi yang bertanya sudah mengetahui kualitas produknya.

Tunjukkan rasa antusias anda ketika bertanya, dan mereka akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan anda.

Satu tips untuk memberikan pertanyaan. Bertanyalah dengan sesuatu hal yang 'tricky', dijamin perusahaan asing tersebut akan terkecoh, bahkan menyampaikan sesuatu hal yang bersifat rahasia.

5. Kunjungi semua stand
Tips satu ini akan menguras energi, jadi persiapkan diri anda secara maksimal dengan cukup berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

Stand dari negara kecil atau perusahaan kurang dikenal, justru sering kali memberikan kejutan di akhir acara.

0 komentar:

Post a Comment