Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

09 November 2012

Presiden Sudan: Israel Musuh Kami!

10:24 PM Posted by Unknown No comments


Khartoum, - Hubungan Israel dan Sudan kian memanas. Presiden Sudan Omar al-Bashir bahkan terang-terangan menyebut Israel sebagai musuh nomor satu Sudan.

"Israel adalah musuh kami, musuh nomor satu kami, dan kami akan terus menyebut Israel musuh kami!" cetus Bashir di Riyadh, Arab Saudi seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (9/11/2012).

Bashir berada di Riyadh untuk menjalani perawatan medis. Pemimpin Sudan itu juga kembali mengecam pemerintah Israel yang dituding sebagai dalang serangan udara ke pabrik senjata di Khartoum, ibukota Sudan pada Oktober lalu.


Sebelumnya pada 24 Oktober lalu, Menteri Informasi Sudan Ahmed Bilal Osman mengatakan, empat pesawat tempur Israel menggempur pabrik senjata itu dan menewaskan dua orang. Serangan itu menuai kemarahan pemerintah dan publik Sudan. Sejumlah aksi demo warga Sudan digelar untuk mengecam serangan Israel itu.

Pemerintah Sudan bahkan telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengecam Israel atas pelanggaran kedaulatan negara dan penyerangan. Namun sejauh ini tak ada aksi apapun dari DK PBB.

Pemerintah Israel sendiri hingga kini menolak berkomentar mengenai serangan udara tersebut. Israel tidak membantah ataupun membenarkan serangan udara tersebut. "Tak ada yang bisa saya katakan mengenai masalah ini," tegas Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak belum lama ini.


detik

0 komentar:

Post a Comment