Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

10 November 2012

SBY Resmikan Kendaraan Taktis Baru Pindad Hari Ini

1:10 PM Posted by Unknown No comments
foto
Presiden SBY berpidato di Gedung Parlemen Inggris di London, Inggris, Kamis (1/11). REUTERS/Oli Scarff/Pool

 TEMPO.CO , Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan kendaraan taktis baru produksi PT  Pindad. “Besok akan ada acara penamaan untuk rantis baru ini oleh presiden,” ujar Direktur Utama PT. Pindad Adik Avianto Soedarsono kepada Tempo, Jumat, 9 November 2012.

Ide pembuatan kendaraan taktis 4x4 seberat 75 ton itu muncul pada 2011. “Waktu itu kami dapat pengarahan untuk menyiapkan kendaraan taktis 4x4 tiga perempat ton buatan kami,” kata Adik. Ketika itu, SBY sempat menaiki kendaraan sejenis buatan Prancis. “SBY bilang Indonesia harus punya yang seperti itu,” ujar dia.

Untuk itu, Pindad kemudian diminta menyiapkan kendaraan taktis. Selang setahun, kendaraan itu rencananya diberi nama oleh presiden. Namun Adik enggan membocorkan nama yang akan diberikan SBY. “Masa baru diberi nama besok, sudah ada di Koran pagi,” ujar dia.

Terdapat empat jenis kendaraan taktis 4x4 ini. Dari keempat tipe itu, ada satu jenis yang menjadi kendaraan pengangkut Mistral, rudal asal Prancis. Sedangkan yang lainnya berupa kendaraan pengintai dan pendobrak yang dilengkapi dengan radar.

SBY sendiri rencananya hadir dalam upacara pemberian nama kendaraan taktis ini pada pukul 09.00 WIB hari di JI Expo Kemayoran. Selain itu, SBY akan menutup perhelatan Indodefense yang sudah digelar selama empat hari sejak 7-10 November 2012.

Pameran Indodefense dihadiri perwakilan dari 42 negara, dan 603 perusahaan. Perusahaan tersebut hadir dari seluruh penjuru dunia, dari Asia, Afrika, Eropa Amerika dan Australia. Pameran ini akan dibuka untuk umum dengan tiket Rp 50.000.

0 komentar:

Post a Comment