Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

11 November 2012

Israel Gelar Manuver Militer di Lembah Sungai Yordan

11:38 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Militer rezim Israel hari ini Minggu (11/11) menggelar manuver di lembah sungai Yordan.

Situs berita Zionis, Arutz Sheva seperti dikutip Qodsna (11/11) melaporkan, manuver ini dikuti oleh aparat kepolisian dan militer Israel.

Suara alarm dan sirine juga terdengar ketika manuver berlangsung.

Militer Israel mengumumkan, manuver yang digelar kali ini telah direncanakan jauh-jauh hari dan merupakan agenda tahunan pasukan rezim Zionis.

Sehari sebelumnya militer Israel sudah mulai melakukan serangan meluasnya ke Jalur Gaza. Serangan mortir-mortir Israel itu mengakibatkan tujuh orang Palestina gugur dan 30 lainnya luka-luka.

(IRIB Indonesia/HS)

Australia dan Filipina Sinergikan Kekuatan Militernya

11:32 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Australia dan Filipina menyepakati keikutsertaan militernya dalam manuver yang digelar masing-masing negara. Rencananya Australia akan bergabung dalam manuver militer tahunan Filipina-Amerika yang diberi nama Balikatan.

Kementerian Pertahanan Filipina mengumumkan, selanjutnya militer Australia akan bergabung dalam manuver militer Balikatan, dan begitu juga militer Filipina akan bergabung dalam manuver militer Kakadu dan Pitch Black.

Manuver militer Kakadu adalah manuver udara penting yang diikuti oleh Australia, New Zealand, Singapura, Thailand, Jepang dan Malaysia.

Alasan PT DI Gandeng Airbus Military Jual NC212 ke Pasar Dunia

10:47 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

http://4.bp.blogspot.com/-gXbuFIg3Pl0/UJvQZlyS_-I/AAAAAAAATd0/IO_Wu2im_qQ/s1600/42.+C212+Thailand73465.jpg
Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) sengaja menggandeng Airbus Military dalam kerjasama pengembangan pesawat jenis Cassa. Salah satu alasan itu adalah karena Airbus Military memiliki kewenangan untuk menerbitkan sertifikat EASA (European Aviation Safety Agency).

"Kita (PT DI) selama ini membayar lisensi ke Airbus Military karena mereka punya sertifikat EASA. Saat ini kita berubah dari pemberi menjadi penerima lisensi dan kita share profitnya," ungkap Asisten Dirut PT DI Sonny Saleh Ibrahim saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Kamis (7/11/2012).


Selama ini PT DI hanya bisa menerbitkan sertifikat FAA, dengan sertifikat ini pesawat yang diproduksi oleh PT DI tidak bisa dijual luas ke Mancanegara. Dengan adanya kerjasama diantara keduanya, otomatis PT DI mendapatkan 2 sertifikat yaitu EASA dan FAA.

AS ikut dalam Pameran Indo Defense 2012

10:46 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

AS Unjuk Gigi di Pameran Indodefence
Salah satu Stand di Indo Defense 2012
Jakarta - Sebanyak 50 negara berpartisipasi dalam pameran internasional industri peralatan pertahanan Indonesia ke-5 tahun 2012 atau Indodefence 2012 Expo and Forum di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran Jakarta, pada 7-10 November 2012.

Ada 600 perusahaan dari berbagai dunia yang berpartisipasi di pameran ini. Salah satunya perusahaan dari Amerika Serikat.

Konon, jarang sekali bagi AS untuk memamerkan teknologi militernya di negara lain. Tapi, di Indodefence 2012 ini, negara adidaya ini ikut serta memeriahkan pameran.

Wakil Duta Besar AS, Kristen F Bauer mengaku gembira bisa berpartisipasi dalam pameran ini. "Kami sangat senang bisa ikut pameran ini. perusahaan-perusahaan kami ingin bermitra dengan perusahaan indonesia. Perusahaan kami menghasilkan perangkat militer terbaik di dunia. Mereka ingin berbagi produk dan bermitra dengan Indonesia dalam industri pertahanan", katanya.

Indo Defense 2012 Mencapai Target

9:33 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Combat boat 16m produksi terbaru PT. Palindo Marine pesanan Kemhan. (Foto: Berita HanKam)

11 November 2012, Jakarta: Ajang Indo Defence Expo and Forum 2012 diakui sejumlah perusahaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dalam negeri cukup memberikan dampak berarti bagi pengenalan dan pemasaran produk mereka.

Melalui kegiatan dwitahunan yang ditutup Sabtu (10/11) kemarin itu, pemerintah memang berharap bisa meningkatkan peluang bagi industri pertahanan dalam negeri untuk lebih berkembang.

Perbandingan Persenjataan Jerman dan Rusia Sebelum Perang Dunia II

10:10 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Kali ini sebuah infographic mengenai senjata terbanyak yang ada di Jerman dan Uni Soviet sesaat sebelum terjadinya Perang Dunia II. Pada tanggal 22 Juni 1941, Jerman dibawah pimpinan Hitler "Fuhrer" melancarkan serangan ke Uni Soviet tanpa mendeklarasikan perang. 
(Klik gambar untuk tampilan yang lebih baik)
Perbandingan Persenjataan Jerman dan Rusia Sebelum Perang Dunia II

Untuk jumah senapan, kala itu Rusia memiliki lebih banyak daripada Jerman, yaitu 37 juta pucuk dan Jerman memiliki 15 juta pucuk senapan, namun kaliber senapan Jerman sedikit lebih unggul 0,3 mm.

Latgab TNI 2012 Akan Libatkan Pasukan Elit Dari Semua Matra

9:12 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

TARAKAN-(IDB) : Persiapan latihan gabungan operasi khusus terus dimatangkan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kemarin (9/11) sekitar pukul 13.30 Wita, sebanyak 45 orang komando latihan tiba di Tarakan.

Kedatangan rombongan pertama tersebut bersama pesawat Hercules akan menyiapkan akomodasi, sasaran penerjunan, mengecek kondisi area, melakukan komunikasi dengan pihak terkait dan penilaian terhadap personel latihan gabungan, serta melakukan evaluasi.

“Nanti tidak hanya latihan saja, juga akan dilakukan penilaian dan evaluasi. Sebab dalam rombongan tersebut juga terdapat tiga panglima jenderal,” kata Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Tarakan, Letnan Kolonel Penerbang Bambang Juniar kepada Radar Tarakan, kemarin.

10 November 2012

Ahok Bangga Kendaraan Taktis Produksi dalam Negeri

11:20 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Ahok Bangga Kendaraan Taktis Produksi dalam Negeri
 
Petugas mempersiapkan alat-alat yang akan dipamerkan dalam pameran industri pertahanan international di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
 
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) datang mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Pameran Pertahanan di JIExpo, Sabtu (10/11).

Ahok yang mengenakan kemeja batik warna merah dan bertopi abu-abu ini mengaku bangga dengan hasil produksi dalam negeri.

Turki Kembangkan Sistem Integrasi Sensor Elektro-Optik Tangan

11:13 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
JAKARTA-GEMPOL, Perkembangan arsenal terbaru angkatan bersenjata Turki dapat kita lihat pada Indodefence 2012. Luasnya negara Turki yang terbentang di benua Asia dan benua Eropa menuntut senjata yang lebih handal.

Sistem senjata SCOUT merupakan sistem integrasi sensor elektro-optik yang dipadukan dengan kamera termal, laser penunjuk jarak, kompas magnet digital, penerima GPS dan laser penunjuk.

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan akusisi di medan tempur dengan jarak yang lebih luas. Sistim SCOUT didesain dengan kuat dan ringan untuk keunggulan pemakaian dengan performa tinggi gambar optik untuk siang dan malam hari.

Kanada-Filipina tandatangani kesepakatan pertahanan

10:58 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Presiden Filipina Benigno Aquino (FOTO ANTARA/REUTERS/Cheryl Ravelo/ox/11.)

Masalah mendasar adalah bahwa kita memiliki banyak peralatan yang sudah ketinggalan zaman  

Manila (ANTARA News) - Kanada dan Filipina pada Sabtu, menandatangani kesepakatan membantu Manila membeli peralatan militer guna mempertahankan wilayah, kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan Presiden Filipina Benigno Aquino.

Departemen Pertahanan Filipina dan perusahaan negara Canadian Commercial Corp menandatangani perjanjian pada saat Harper bertemu dengan Aquino di Istana Malacanang, Manila, dan kedua pemimpin itu mengumumkannya pada jumpa pers bersama.

AFP melaporkan kesepakatan itu ditandatangani di tengah sengketa wilayah antara Filipina dan China atas pulau-pulau dan perairan di Laut China Selatan.

SBY Berharap Banyak Pada 'Komodo'

10:55 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Kendaraan taktis ini merupakan karya putra-putri bangsa yang bisa bergerak di segala bidang, cuaca, dan medan di Indonesia. 

Komodo V1
'Komodo' akan menjadi salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru, yang bakal menambah kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Jangan salah, Komodo yang ini bukanlah hewan langka yang hanya ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Nama yang satu ini, merupakan kendaraan taktis 4x4 yang baru diluncurkan oleh perusahaan pertahanan dalam negeri yaitu PT Pindad.


Kendaraan berwarna hitam ini, diberikan nama khusus oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang datang berkunjung di hari terakhir penyelenggaraan Indo Defence 2012 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/11).


Dalam kesempatan itu, SBY mengatakan bahwa kendaraan taktis ini merupakan karya putra-putri bangsa yang diharapkan bisa menjadi kendaraan yang andal, bisa bergerak di segala bidang, cuaca, dan di segala medan di Indonesia.

Latgab 2012 libatkan pasukan elit TNI

10:51 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Tarakan – Persiapan latihan gabungan operasi khusus terus dimatangkan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kemarin (9/11) sekitar pukul 13.30 Wita, sebanyak 45 orang komando latihan tiba di Tarakan.

Kedatangan rombongan pertama tersebut bersama pesawat Hercules akan menyiapkan akomodasi, sasaran penerjunan, mengecek kondisi area, melakukan komunikasi dengan pihak terkait dan penilaian terhadap personel latihan gabungan, serta melakukan evaluasi.

“Nanti tidak hanya latihan saja, juga akan dilakukan penilaian dan evaluasi. Sebab dalam rombongan tersebut juga terdapat tiga panglima jenderal,” kata Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Tarakan, Letnan Kolonel Penerbang Bambang Juniar kepada Radar Tarakan, kemarin.

Komodo Nama Panser Baru Indonesia

10:33 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan nama komodo pada kendaraan tempur produksi PT Pindad berjenis panser intai. Komodo diharapkan dapat memberikan kemenangan dan kejayaan bagi Indonesia.

"Kepada para prajurit, ini adalah kendaraan taktis karya putra-putri Indonesia yang InsyaAllah akan menjadi kendaraan taktis yang handal bisa bergerak di segala bidang, cuaca, bertempur di medan-medan Indonesia, saya beri nama komodo," kata Presiden SBY ketika meninjau pameran Indodefence 2012 di Jakarta, Sabtu (10/11) siang.

Kendaraan tempur taktis berjenis panser dengan penggerak empat roda (4x4) ini memiliki kemampuan yang handal di berbagai medan. SBY yakin kendaraan taktis (rantis) ini akan dapat membawa kemenangan bagi setiap pertempuran Indonesia.

"Semoga kendaraan taktis ini benar-benar handal, bisa bertempur dan tentu membawa kemenangan dan kejayaan bagi indonesia," harap SBY.

Rantis 4x4 “Komodo” Pindad Masuki Lini Produksi

10:01 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Sebuah Kendaraan Taktis (Rantis) 4x4 dengan kemampuan manuver yang baik kembali di hasilkan PT Pindad sebagai industri pertahanan strategis dalam negeri. Kendaraan Taktis ini mendapat kehormatan untuk diberikan nama oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yaitu “Komodo”.
 
Pemberian nama Komodo kepada Rantis 4x4 kebanggaan Indonesia tersebut dilangsungkan pada hari terakhir penyelenggaraan Indo Defence tahun 2012, Sabtu (10/11) di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Sebelumnya PT. Pindad diperintahkan oleh Presiden SBY untuk membuat kendaraan yang memiliki kemampuan tinggi (High Level) seperti Intai Sherpa, yang dapat digunakan untuk kendaraan operasional Angkatan dan Polri. Mengacu pada hal itu maka PT.Pindad kemudian melakukan desain, perencanaan, rekayasa dan pembuatan produk dengan konsep produk.

SBY Namai Panser 4x4 Pindad "Komodo"

4:50 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Uji coba panser PindadPanser ini adalah salah satu jenis kendaraan taktis andalan PT Pindad.
Uji coba panser Pindad
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi nama Panser 4x4 produksi PT Pindad Persero dengan nama "Komodo". Panser 4x4 itu merupakan salah satu jenis kendaraan taktis (rantis) andalan PT Pindad.

Nama "Komodo" ini diberikan pada kunjungan SBY di hari terakhir pameran Indo Defence 2012 Expo & Forum di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 10 November 2012, demikian keterangan pers Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Kolonel Kav Bambang Hartawan.

KAS Kormar Tinjau Pameran INdodefence 2012

4:42 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

 
JAKARTA-(IDB) : Kepala Staf Korps Marinir (Kas Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara dengan didampingi Pamen dan Pama Mako Kormar meninjau pameran Indo Defence 2012 Expo & Forum di Jakarta International Expo Kemayoran, Jumat (9/11)

Pameran Indo Defence, Aerospace & Marine 2012 yang digelar Kementerian Pertahanan merupakan pameran berskala international teknologi pertahanan tiga matra, kedirgantaraan dan maritim yang telah berlangsung lima kali. kali ini akan berlangsung mulai dari tanggal 7 sampai 10 November 2012.

Indonesia Persiapkan "Indomarintec", Ajang Pamer Kekuatan Laut

4:41 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

ARC-(IDB) : Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.000 pulau dan memiliki   luas perairan dua kali lipat daripada luas daratannya. Dengan melimpahnya sumber daya alam Indonesia   yang    dapat   diekspor    seperti  batu   bara   dan  gas,   Indonesia    tentunya   juga   bergantung     dengan    kedua   transportasi laut domestic maupun internasional.
 
Armada kapal komersial Indonesia saat ini berkisar 11.000, dengan mayoritas kapal pesisir kecil; dimana   kapal   tersebut   merupakan   impor   kapal   dan   bukan   baru.   Dengan   pertumbuhan   ekonomi   lebih   dari   6%   menimbulkan adanya permintaan yang kuat untuk ekspansi dan modernisasi bidang industry perkapalan.

Nama "KOMODO" Resmi Disandang Kendaraan Taktis Intai Pindad

4:38 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono meninjau Pameran Indo Defence 2012 Expo & Forum di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/11/2012).

Tiba di lokasi pameran, SBY langsung meninjau kendaraan perang karya putera-puteri Indonesia, PT Pindad. Sambil meninjau Presiden dan rombongan diantaranya Menteri Perindustrian, Menteri Pertahanan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki (Ahok) menerima penjelasan mengenai alutsista yang dipamerkan.

Perwira Australia Kagumi Kemajuan Alutsista Indonesia

4:36 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Australia Takjub Perkembangan Alutsista RI
10 November 2012, Jakarta: Delegasi Australia mengagumi perkembangan alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia yang cukup pesat. Perwira Siswa (Pasis) Sesko AD dari Australia, Major Jason Hewerdine, saat berkunjung ke Pameran Indo Defence mengatakan ketakjubannya.)

"Merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa bagi saya untuk datang ke pameran ini. Karena selain untuk menambah wawasan tentang perlengkapan militer terbaru, juga khususnya untuk melihat langsung produk-produk teknologi terbaru dari industri pertahanan Indonesia," kata Jason, di Jakarta, Jumat (9/11).)

Kunjungan Jason ke Indo Defence merupakan permintaan dari rekannya di Sesko AD untuk melihat perkembangan teknologi militer terbaru. Tugas sebagai utusan ini diperolehnya berkat pengetahuan Jason yang lebih di bidang arhanud, infanteri, dan kavaleri.)

Menhan Israel Susun Strategi untuk Serang Hamas

2:49 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Foto : Menhan Israel Ehud Barak (guardian)Foto : Menhan Israel Ehud Barak (guardian) 
 
YERUSALEM – Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, mengecam Hamas atas ledakan yang terjadi di wilayah perbatasannya dengan Gaza, Jumat lalu. 
 
Hamas sendiri menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan balasan atas pembunuhan yang dilakukan pasukan Israel terhadap bocah Palestina.

“Kami merespon serius serangan bom yang dilakukan lewat terowongan di sekitar perbatasan Israel dengan Jalur Gaza. 
 
Kami mengetahu Hamas yang bertanggung jawab atas serangan tersebut dan saat ini, kami sedang memikirkan bagaimana kami akan membalas serangan tersebut”, ujar Barak, seperti dikutip AFP, Sabtu (10/11/2012).

Dilaporkan pula bahwa, satu kendaraan militer milik Israel mengalami kerusakan parah dan satu orang tentara Israel mengalami luka-luka akibat terkena pecahan bom.

SBY Resmikan Kendaraan Taktis Baru Pindad Hari Ini

1:10 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
foto
Presiden SBY berpidato di Gedung Parlemen Inggris di London, Inggris, Kamis (1/11). REUTERS/Oli Scarff/Pool

 TEMPO.CO , Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan kendaraan taktis baru produksi PT  Pindad. “Besok akan ada acara penamaan untuk rantis baru ini oleh presiden,” ujar Direktur Utama PT. Pindad Adik Avianto Soedarsono kepada Tempo, Jumat, 9 November 2012.

Ide pembuatan kendaraan taktis 4x4 seberat 75 ton itu muncul pada 2011. “Waktu itu kami dapat pengarahan untuk menyiapkan kendaraan taktis 4x4 tiga perempat ton buatan kami,” kata Adik. Ketika itu, SBY sempat menaiki kendaraan sejenis buatan Prancis. “SBY bilang Indonesia harus punya yang seperti itu,” ujar dia.

Peru Serius Minati T-50 Rusia

12:24 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Angkatan Udara Peru membutuhkan pesawat seperti pesawat pemburu generasi kelima Rusia T-50. Pesawat multiguna yang memiliki kemampuan manuver tinggi ini dikembangkan oleh produsen pembuat pesawat Sukhoi. Pesawat ini mampu menyerang beberapa target darat dalam waktu yang bersamaan dan beberapa analis kedirgantaraan berpendapat bahwa beberapa teknologinya lebih maju daripada F-22 Raptor buatan AS, sementara biaya produksinya murah.
T-50
T-50 Rusia

Lebih Dekat Dengan Pesawat Tempur J-15 China

12:22 PM Posted by Ikh Sanudin 1 comment

Pesawat tempur Shenyang J-15 adalah pesawat tempur carrier-based (basis kapal induk) yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation dan Institut 601 sebagai pesawat tempur carrier-based masa depan Angkatan Bersejata China (PLA). Awalnya, rumor pesawat J-15 memiliki fitur siluman, namun kemudian didapati jika J-15 ini dibuat berdasarkan pada Sukhoi Su-33 yang dilengkapi dengan radar dan senjata buatan dalam negeri China.

Disebutkan, China mengembangkan J-15 ini berdasarkan prototipe Sukhoi Su-33, yaitu T-10K-3, yang diperoleh dari Ukraina pada tahun 2001, lalu dipelajari dengan ekstensif oleh China. Kemudian lahirlah J-15 yang tampilan strukturalnya memang sama dengan dengan Sukhoi Su-33. Pesawat tempur J-15 ini pertama kali terbang pada tanggal 31 Agustus 2009.

Pada Oktober lalu, pesawat ini telah diujicobakan untuk landing dan take-off di atas kapal induk pertama China Liaoning dan berhasil. Para analis kedirgantaraan mengindikasikan bahwa J-15 lah yang akan menjadi bagian dari kapal induk China Liaoning.

Pindad Produksi Tarantula

1:32 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Panser Canon Pindad (IST)

Panser Canon Pindad (IST)
itoday - Akhirnya kepastian PT.Pindad memproduksi panser canon asal Korea Selatan yang dikenal dengan sebutan 'Tarantula'.

Kepastian tersebut diperoleh itoday, Jum'at (9/11) ketika berkunjung ke stand BUMN di Indo Defence 2012 yang diadakan di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Legal & Public Relation Manager PT.Pindad, Tuning Rudyati mengatakan, memang betul bahwa Pindad akan memproduksi panser canon asal Korea Selatan, sebagai bagian dari perjanjian transfer of technology (ToT) yang dibuat Pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan.

Irak dan Iran Kepincut Produk Pindad

1:30 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
PT Pindad (IST)PT Pindad (IST)
itoday - Negara Timur Tengah terkenal akan royalitasnya membeli persenjataan berkualitas bagus dalam jumlah yang sangat besar. Belakangan negara dari Timur Tengah yang mulai rajin membeli persenjataan adalah Irak dan Iran.

Kepada itoday, Jum'at (9/11) Legal & Public Relation Manager, Tuning Rudyati mengatakan, Irak sudah menyatakan minatnya membeli produk Pindad, walau belum disebutkan jenis produk dan jumlahnya.

"Irak sudah datang ke Bandung (PT.Pindad-red) dan menyatakan minatnya kepada produk kami, namun belum ada kesepakatan," jelas Tuning.

Ini Dia Kabar Baik dari Pindad

1:23 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
PT Pindad (IST)

PT Pindad (IST)
itoday - Selain kepastian memproduksi 11 unit panser canon dari Korea Selatan sebagai bagian dari transfer of technology (TOT), ada kabar baik lainnya dari PT.Pindad (Persero).

Kepada itoday di Pameran Indo Defense 2012, Jum'at (9/11), Legal & Public Relation Manager PT. Pindad, Tuning Rudyati mengatakan bahwa versi terbaru panser Anoa versi 2, yang sudah menambahkan armoured dan RCWS sudah siap diproduksi.

"Kami sudah bekerjasama dengan ST Kinetics dan Selex untuk pengadaan RCWS Anoa 2," ungkapnya.

09 November 2012

Presiden Sudan: Israel Musuh Kami!

10:24 PM Posted by Ikh Sanudin No comments


Khartoum, - Hubungan Israel dan Sudan kian memanas. Presiden Sudan Omar al-Bashir bahkan terang-terangan menyebut Israel sebagai musuh nomor satu Sudan.

"Israel adalah musuh kami, musuh nomor satu kami, dan kami akan terus menyebut Israel musuh kami!" cetus Bashir di Riyadh, Arab Saudi seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (9/11/2012).

Bashir berada di Riyadh untuk menjalani perawatan medis. Pemimpin Sudan itu juga kembali mengecam pemerintah Israel yang dituding sebagai dalang serangan udara ke pabrik senjata di Khartoum, ibukota Sudan pada Oktober lalu.

Ratusan Peluru dan Peledak Tersebar di PRJ Kemayoran

10:21 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Pameran Indo Defence 2012 (Agung P/ detikcom)
Jakarta - Indo Defence Expo and Forum 2012 tengah berlangsung di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara yang dibuka pada Rabu (07/11/2012) lalu ini akan dibuka hingga Sabtu (10/11/2012) mendatang.

Lebih dari 550 perusahaan dari 50 negara dan 25 paviliun negara mengisi stand yang tersebar dari Hall A hingga hall D ini. Setiap stand memamerkan produk unggulan masing-masing.

Dari peluru, bom, roket, senjata militer, tank perang, perahu karet anti peluru hingga helikopter tersebar menghiasi arena PRJ. Ratusan pengunjung tidak menyia-nyiakan moment ini. Mereka tampak berfoto disamping peralatan tempur tersebut.

BUMN Pembuat Pesawat Terbang Ini Kebanjiran Order di 2013

10:09 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) siap melakukan kontrak terbaru untuk membuat pesawat. Lima kontrak untuk membuat 5 pesawat dengan jenis yang berbeda siap dilakukan tahun 2013.

"Tahun depan ada 5 kontrak yang akan kita lakukan," ungkap Asisten Direktur PT DI Sonny Saleh Ibrahim saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Kamis (7/11/2012).

Lima kontrak yang dimaksud salah satunya adalah pembuatan pesawat Cassa jenis CN 235. Pesawat yang mampu terbang dengan ketinggian 25.000 kaki dan dengan kecepatan 245 kt/454 km/jam ini rencanya akan diproduksi 2 unit.

"Ada 5 pesawat Cassa, 2 untuk CN 235, 2 untuk CN295 dan 1 untuk C212-400," katanya.

PT Pindad Siap 'Serbu' Irak

10:00 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jakarta - PT Pindad (Persero), BUMN yang bergerak memproduksi alat tempur siap menyerbu pasar Irak. Rencana ini akan segera terealisasi dalam waktu dekat.

"Ini adalah himbauan dari Pak Dahlan Iskan untuk ekspansi ke sana," tutur staf ahli PT Pindad (Persero) Teguh saat ditemui detikFinance dalam acara Indo Defence di JIE Kemayoran Jakarta, Jumat (8/11/2012).

Menurutnya, Dahlan Iskan terinspirasi oleh Pasukan Garuda yang saat ini sedang bertugas di Libanon. Dahlan Iskan berpendapat mengapa Indonesia tidak menjual senjata buatan Pindad ke Irak.

"Pak Dahlan terinspirasi Pasukan Garuda di Libanon dan ada peluang untuk menjual kesana," katanya.

4 Kendaraan Tempur Terbaru Pindad Diberi Nama Oleh SBY

9:57 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

 
Jakarta - PT Pindad (persero) siap meluncurkan produk terbaru berupa kendaraan tempur. Empat kendaraan gagah ini rencananya akan segera diberi nama oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Nunggu Pak SBY untuk kasih nama 4 kendaraan tempur terbaru buatan Pindad," kata staf ahli PT Pindad (persero) Teguh saat ditemui detikFinance di JIE Kemayoran Jakarta, Jumat (8/11/2012).

Kendaraan semi tempur ini rencanya akan diberi nama oleh Presiden SBY besok dalam kunjungannya ke pameran Indo Defence 2012 di JIE Kemayoran. Selain 4 kendaraan semi tempur, Pindad juga mengeluarkan senjata SS2-V5.

"Kita juga akan keluarkan senjata SS2-V5," imbuhnya.

Senjata SS2-V5 adalah senjata yang diperuntukan bagi tentara. Senjata ini adalah seri ke lima dari yang pertama SS2-V1 yang diperdagangkan ke Australia.

Senjata Murah Buatan China Jadi Saingan Berat Pindad

9:55 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Jakarta - PT Pindad (persero) menyatakan saat ini bersaing ketat dengan alat-alat militer buatan China yang menawarkan harga murah serta berkualitas.

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Pindad Teguh kepada detikFinance dalam pameran Indo Defence Expo 2012 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/11/2012).

"China menjadi saingan terberat kita soal pemasaran alat perang," kata Teguh singkat.

Menurut Teguh, China dengan produk murahnya mudah untuk membuat calon pembeli tergiur. Tetapi Pindad memastikan akan terus berkompetisi secara sehat.

"Pindad bisa berkompetisi soal harga, kita juga murah dan kita lebih berkualitas. Ini sudah diakui di banyak negara," paparnya.

Pindad & BUMN Cs Keroyokan Buat Kapal Tempur

9:51 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Prototipe KCR 60M PAL (ARC)
Jakarta - PT Pindad (Persero) bersinergi dengan BUMN strategis lainnya untuk mengembangkan kapal (laut) tempur. BUMN alat utama sistem persenjataan (alutsista) menggandeng PT PAL (Persero), PT Krakatau Steel (Persero) dan PT INTI (Persero).

Kerjasama ini dilakukan untuk menumbuhkan sebuah bisnis yang menguntungkan, sebagai upaya meningkatkan kerjasama atar BUMN.

"Seperti membuat kapal tempur, kita sinergi dengan PT PAL untuk kapalnya. Untuk bodinya biarlah bahannya Krakatau Steel yang memegang dan desainnya PT INTI. Peralatan perangnya tentu dari Pindad. 
Jadi sinergi ini menguntungkan BUMN lain," kata Staf ahli PT Pindad (persero) Teguh kepada detik Finance di JIExpo Kemayoran Jakarta, Jumat (8/11/2012).

Pangarmabar: Amankan Perairan Yuridiksi Nasional

7:47 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
sertijab-sub
BATAM (Pos Kota) -Amankan wilayah perairan yuridiksi nasional ,sesuai wilayah kerja masing-masing dari berbagai macam gangguan dan pelangggaran serta tindak tegas sesuaio aturan hukum yang berlaku

Demikian amanat Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Sadiman, S.E., pada upacara serah terima jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmabar (Danguskamlaarmabar) dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Pranyoto, S.Pi., kepada Kolonel Laut (P) Arusukmono Indra Sucahyo dan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang dari Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto kepada Laksma TNI Pranyoto, S.Pi., di Markas Komando (Mako) Guskamlaarmabar, Batam, Kepualauan Riau.

Sukhoi Iran Berondong Pesawat Tanpa Awak AS

7:30 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Pesawat tanpa awak ASDua jet Su-25 menembaki pesawat tanpa awak AS di atas Teluk Persia.
Pesawat tanpa awak AS
VIVAnews - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengungkap insiden penembakan pesawat tanpa awak mereka oleh dua jet tempur Sukhoi Su-25 Iran. Pejabat Pentagon yang dikutip laman CNN, Kamis 8 November 2012, mengatakan insiden penembakan terjadi pada 1 November 2012, di atas Teluk Persia.

Pentagon menyatakan, saat ditembaki, pesawat tanpa awak Predator milik Angkatan Udara AS tengah melakukan patroli rutin. dan baru saja mengudara. Pentagon mengklaim pesawat itu terbang di zona udara internasional. Tepatnya di timur Kuwait, 16 mil dari batas pantai Iran.

Pindad: Kualitas SS Lebih Baik dari M16 AS

7:24 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Senapan Serbu atau SS produksi PT PindadSenapan serbu Pindad menggabungkan teknologi M16 AS dan AK47 Rusia.

Senapan Serbu atau SS produksi PT Pindad
VIVAnews - Senapan Serbu (SS) PT Pindad Persero telah menyabet penghargaan dalam sejumlah lomba tingkat internasional. Kualitas senapan yang memiliki dua versi, SS1 dan SS2, ini diklaim lebih baik dari M16 buatan Amerika Serikat.

Staf Desain Produk PT Pindad, Windu Paramata, mengatakan SS dibuat dengan menggabungkan sejumlah keunggulan M16 dan senjata asal Rusia, AK47. "Jadi senapan serbu ini dibuat berdasarkan gabungan teknologi di M16 dan daya tahan di AK47," ujar Windu saat berbincang dengan VIVAnews di Indo Defence 2012 Expo & Forum, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat 9 November 2012.

Pindad Kembangkan Varian SS-2 Anti Karat untuk TNI AL

7:21 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Menggunakan lapisan anti oksidasi, senapan ini tahan air laut.

Senapan Serbu atau SS produksi PT Pindad

Senapan Serbu atau SS produksi PT Pindad
VIVAnews - PT Pindad tak hanya membuat sejumlah varian dari Senapan Serbu (SS) saja, tapi juga berencana membuat varian dari SS versi 2 (SS-2) yang tahan terhadap oksidasi atau anti karat akibat air laut. Varian SS-2 ini khusus dibuat untuk TNI Angkatan Laut.

Namun, staf Penjualan dan Pemasaran PT Pindad, Mutiara Erning, menjelaskan varian ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum diketahui kapan resmi diproduksi. "Belum diproduksi, masih dalam pengembangan antara PT Pindad dengan Angkatan Laut," kata Mutiara kepada VIVAnews di Indo Defence 2012 Expo & Forum, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat 9 November 2012.

Senapan Penembak Jitu Buatan Pindad Mampu Tembus Tank Baja

7:19 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Ketiga senapan penembak jitu itu sudah dilengkapi peredam suara.

Senapan penembak jitu buatan PT Pindad

Senapan penembak jitu buatan PT Pindad (Oscar Ferri/VIVAnews)


VIVAnews - PT Pindad Persero tak hanya memproduksi Senapan Serbu versi 1 dan 2 (SS1 dan SS2). Tapi juga membuat senjata Senapan Penembak Runduk (SPR) atau senjata khusus penembak jitu yang diproduksi sejak tahun 2007.

Staf Desain Produk PT Pindad, Windu Paramata menjelaskan, ada tiga versi SPR. Yakni SPR-1 (produksi 2007), SPR-2 dan SPR-3 (produksi 2010). Ketiga senapan itu sudah didesain menggunakan peluru yang bisa menembus lapis baja pada kendaraan tempur, seperti tank.

Beretta ARX-160 Calon Senjata Satuan Khusus Indonesia

7:10 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Dalam IDAM 2012, boleh dibilang untuk senjata ringan tidak ada hal yang benar-benar baru. Yang paling getol membawa berbagai jenis senapan serbu dan pistol hanyalah Rosoboronexport dari Rusia, Modiar dari Azerbaijan, dan Cekoslovakia. Modelnya juga tak jauh-jauh dari keluarga besar AK, jadi rasanya hambar seperti salah satu kawan kami, Didik Sudharmaji yang dengan berbagai alasan tidak jadi ikut dengan regu ARC untuk mengunjungi IDAM di detik-detik terakhir.

Namun saat berkeliling dalam rangka mencari berbagai brosur dan leaflet untuk bahan koleksi, pandangan mata kami yang memang suka jelalatan memandangi spg-spg, yang dalam pameran kali ini masih banyak didominasi oleh pria dan wanita berkebangsaan asing. Mata kami tertumbuk pada salah satu stan yang dibuka oleh agen. 

Jerman Bolehkan Indonesia Upgrade Leopard Pakai Konten Lokal

7:08 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Tank Leopard RI menjadi salah satu daya tarik pengunjung dalam pameran Indo Defence 2012 Expo & Forum di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 7-10 November 2012. Satu buah kendaraan tempur jenis Main Battle Tank buatan Jerman ini pun terpampang di pelataran JIExpo bersama kendaraan TNI tempur lainnya.

Pantauan VIVAnews, sejumlah pengunjung mengabadikan lewat kameranya, tank yang baru saja didatangkan ini. Dari sales promotion girls, mahasiswa, sampai anggota TNI antusias berpose di depan tank yang memiliki bobot 62 ton tersebut.

Tank berkecepatan maksimal 72 km/jam ini bisa membawa empat kru di dalamnya. Tank ini juga cocok berjalan di berbagai medan, baik aspal maupun tanah.

Presiden Korsel : Indonesia Mitra Penting Korsel

7:06 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
DENPASAR-(IDB) : Hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan yang terus meningkat di berbagai bidang merupakan wujud pemahaman kedua negara atas posisi penting masing-masing, kata Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak.

"Pada 2008 dan 2011 kedua negara menghadapi krisis moneter bekerja sama mengatasi krisis, kini kedua negara menikmati perkembangan demokrasi dan juga mencapai perkembangan kerja sama ekonomi," katanya dalam upacara pemberian tanda jasa Bintang RI Adipurna dari pemerintah Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis sore.

Presiden Lee mengatakan Indonesia merupakan mitra penting Korea Selatan dengan penduduk mencapai 253 juta jiwa, Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang dengan pesat.

TNI AU Kembangkan Smart Bomb

7:04 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Divisi Penelitian dan Pengembangan Angkatan Udara (Dislitbang AU), pamerkan berbagai macam produk hasil penelitiannya di Indo Defence Expo and Forum 2012. Salah satu produk andalannya adalah smart bomb.

Seperti namanya, smart bomb merupakan bom pintar karena telah dilengkapi peralatan sensor elektronik berupa guidance kit. Guidance kit yang terletak di bagian ujung belakang bom ini dilengkapi GPS yang siap dioperasikan oleh pilot.

Menurut petugas jaga stand Dislitbang AU, Mashuri, sirip bom yang berwarna orange ini dapat berubah posisi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan baterai.

"Pilot akan mengendalikan dengan langsung menentukan berapa koordinat sasaran. Sehingga tingkat akurasi jatuhnya bom lebih tepat," terangnya dalam pameran yang digelar di JIE, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2012).

Bom yang memiliki panjang lebih dari 1 meter ini adalah buatan Jerman dan telah digunakan pada pesawat NATO dan Hawk. Namun sayangnya belum pernah dilakukan uji coba di Indonesia.

Produsen ATGM Bersaing Ketat Di Ajang Indodefence 2012

7:02 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Tak bisa dipungkiri, ajang pameran Indo Defense 2012 yang diselenggarakan di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta 7-10 Nopember 2012. Salah satu persaingan yang ada pameran senjata itu adalah perang mendapatkan kontrak pengadaan alat utama system senjata jenis Anti Tank Guided Missile (ATGM).

Di lokasi pameran, ada beberapa perusahaan perwakilan negara asing membawa produk andalannya, seperti SAAB Swedia yang membawa RBS-70, Rosonboron Exports Rusia yang membawa beberapa varian ATGMnya seperti Kornet EM, MBDA yang membawa Millan dan Eryx, Ukraina, dan Belarusia yang membawa ATGM SKIF D dan lainnya.

Presiden Lee: Produk Pertahanan Indonesia-Korsel Akan Menjadi Produk Kelas Dunia

6:58 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

 
Presiden SBY dan Presiden Korsel Lee Myung-bak melakukan pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/11) sore. (Foto: abror/presidensby.info)

Nusa Dua: Hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan yang terus meningkat di berbagai bidang merupakan wujud pemahaman kedua negara atas posisi penting masing-masing, kata Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak.


"Pada 2008 dan 2011 kedua negara menghadapi krisis moneter bekerja sama mengatasi krisis, kini kedua negara menikmati perkembangan demokrasi dan juga mencapai perkembangan kerja sama ekonomi," katanya dalam upacara pemberian tanda jasa Bintang RI Adipurna dari pemerintah Indonesia di Nusa Dua, Bali, Kamis sore.

Korsel Tawarkan Kerja Sama Pembuatan Tank

6:56 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

IFV Marder 1A3 dibeli pemerintah dari Jerman, diberitakan disertai alih teknologi. (Foto: Berita HanKam)

9 November 2012, Jakarta: Produsen tank asal Korea Selatan, Doosan menawari Indonesia untuk bekerjasama membuat tank ukuran sedang untuk TNI AD.


"Baru penawaran saja dari pihak Korea, di pertemuan ini kami kasih rambu-rambunya dulu jika ingin melakukan kerjasama," kata Kasubdit Pendayagunaan Industri Direktorat Teknologi dan Industri Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Gita Amperiawan pada Indodefence, Jumat.

Fokus Kembangkan Kapal Perang Dalam Negeri

6:54 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

KDB Bendahara Sakam. (Foto: clydesite) 9 November 2012, 
 
Jakarta: Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq berharap tercapainya peningkatan kerja sama pertahanan RI-Inggris beberapa waktu lalu mesti diarahkan atau difokuskan untuk mempertajam dan mengembangkan industri pertahanan dalam negeri, khususnya alutsista tertentu.

Menurut Mahfudz, Inggris merupakan negara yang memiliki pengalaman panjang dalam pengembangan produk kapal perang. Kapal perang kerajaan Inggris saat ini merupakan salah satu yang tercanggih di dunia. Karena itu, Mahfudz berharap peningkatan kerja sama militer dengan Inggris dapat diarahkan dan difokuskan untuk pengembangan kapal perang dalam negeri.

08 November 2012

Mau Tau Alutsista yang Dibeli Indonesia? Ini Tipsnya

11:23 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Pameran Alutsista di PRJ (IST)
Pameran Alutsista di PRJ (IST)
itoday - Sebagai ajang pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) yang diadakan dua tahu sekali, Indo Defense selalu menjadi indikator alutsista apa yang akan dibeli Indonesia untuk keperluan TNI dalam menjaga pertahanan NKRI.

Namun untuk mengetahui Alutsista apa saja yang akan dibeli pemerintah bukanlah hal yang mudah, karena penuh dengan unsur politik dan kerahasiaan negara.

Berikut adalah tips dan trik untuk memperkirakan Alutsista apa saja yang akan dibeli pemerintah selama pameran berlangsung yang diambil dari pengalaman itoday di tiga pameran Indo Defense.

1. Kuasai Isu

Ini Dia Kapal Selam 'Mutan' yang Dibeli TNI AL

11:15 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Kapal Selam 'Mutan' (Pambudidoyo/itoday)
Kapal Selam 'Mutan' (Pambudidoyo/itoday)

itoday - Informasi mengenai seperti apa bentuk kapal selam Indonesia yang dibeli dari Korea Selatan, Chang Bo Go (CBG) akhirnya mulai terlihat, walau masih berbentuk mock up.

DSME selaku pemenang kontrak pengadaan tiga kapal selam membawa replika kapal selam CBG U209-1400 yang merupakan pengembangan kapal selam CBG sebelumnya U209-1200 hasil lisensi perusahaan Jerman, HDW.

Menurut Assistant Engineer Naval & Special Ship Design Team/Submarine Machinery Design Group, Seung-Hoon Kim, kapal selam CBG baru ini akan lebih bagus kemampuannya dibanding dengan CBG varian sebelumnya yang dimiliki Korea Selatan.

"Varian terbaru ini memiliki Combat Management System (CMS) yang lebih bagus dari varian sebelumnya, sehingga lebih bagus secara keseluruhan, " jelas Kim kepada itoday, Kamis (8/11).

PT DI – Airbus Military Tandatangani Kerjasama Luncurkan NC212 Versi Upgrade

10:25 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

JAKARTA-(IDB) : Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso dan Airbus Military yang diwakili Senior VP Komersil, Strategi dan Hubungan Industri untuk Kawasan Asia Ignacio Alonso, Kamis (8/11) menandatangani Kesepakatan Kerjasama (MoU) untuk meluncurkan NC 212-400 versi upgrade sebagai langkah lebih lanjut dalam perjanjian jangka panjang, di JIExpo Kemayoran Jakarta. Pesawat tersebut selanjutnya akan dinamai NC212 dan akan ditawarkan kepada pelanggan sipil serta militer.
 
Penandatanganan kesepakatan kerjasama yang merupakan rangkaian dari kegiatan pameran Indo Defence Expo and Forum 2012, disaksikan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto, S.Ip., M.A., Dirtekind Ditjen Pohan Kemhan Brigjen TNI Sukimin serta pejabat dari Kedutaan Spanyol.