Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

29 March 2014

Obama: Mr Putin punya nasionalisme yang luar biasa

1:34 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Keberanian Presiden Rusia, Vladimir Putin  melawan hegemoni global membuat Presiden AS Barack Obama merasa frustasi./*istKeberanian Presiden Rusia, Vladimir Putin melawan hegemoni global membuat Presiden AS Barack Obama merasa frustasi./*ist

WASHINGTON DC:(DM) – Ketegasan dan keberanian Presiden Rusia, Vladimir Putin yang tidak mau tunduk pada tekanan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa, pasca penggabungan Crimea, membuat Presiden AS Barack Obama memuji penguasa Kremlin itu.

“Terus terang saya ingin mengatakan kalau ada rasa nasionalisme yang luar biasa pada diri Presiden Putin. Sikap kerasnya seolah mengatakan Barat telah mengambil keuntungan dari Rusia di masa lalu dan kini ia ingin dunia tahu bahwa Mr Putin akan membalik semua itu,” ujar Obama, dilansir CBS News, Sabtu (29/03/2014).

Menurut Obama, sikap Putin telah menunjukkan rasa kehilangan atas kejayaan Uni Soviet dan Putin ingin menunjukkan Rusia bisa menggantikan peran Uni Soviet.

“Tapi saya juga katakan seharusnya ia tidak kembali pada praktik lama itu. Semua tahu ini akan mengembalikan situasi dunia dalam era perang dingin,” lanjut Obama.


Pernyataan Obama kali ini sangat merendah dan diduga untuk mengambil simpati dan perhatian dari Putin.

“Berulangkali saya katakan adalah bahwa Mr Putin mungkin telah salah paham ke Barat. Dan pastinya ia juga menyalahkan kebijakan luar negeri Amerika. Kami tidak punya kepentingan untuk mengitari Rusia dan kami tidak punya kepentingan di Ukraina selain membiarkan rakyat Ukraina membuat keputusan sendiri,” lanjut Obama.

Karena itu, guna menurunkan tensi ketegangan, ia mendesak Rusia harus menarik mundur pasukannya dari perbatasan Ukraina dan mulai melakukan perundingan dengan semua pihak.

Sejauh ini Kremlin menegaskan menolak berunding dengan Ukraina dan telah menegaskan bahwa Crimea adalah bagian dari Rusia yang tak terpisahkan.@cbs

JURNAL3
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment