Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

04 April 2014

Korea Selatan Sukses Gelar Uji Coba Misil Balistik

11:41 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Kendaraan tempur amfibi marinir Korea Selatan mendarat di pesisir pantai di Pohang, 270 kilometer sebelah tenggara Seoul, dalam latihan gabungan AS-Korea Selatan.

SEOUL:(DM) -- Korea Selatan, Jumat (4/4/2014), menyatakan sukses melakukan uji coba misil balistik baru yang diklaim mampu menjangkau seluruh wilayah Korea Utara.

Uji coba misil itu sebenarnya sudah dilakukan pada 23 Maret lalu, hanya dua hari sebelum Korea Utara meluncurkan dua misil balistik jarak menengah yang mampu mencapai wilayah Jepang.

Pengumuman Pemerintah Korea Selatan ini tampaknya akan meningkatkan ketegangan antara kedua negara yang pada awal pekan ini sempat saling melepaskan tembakan artileri.

Misil baru Korea Selatan itu mampu menggotong hulu ledak seberat satu ton dan mampu mencapai sasaran hingga sejauh 500 kilometer.

Misil yang dikembangkan di bawah kesepakatan dengan AS pada 2012 mampu menjangkau jarak tiga kali lebih jauh dibanding sistem misil balistik yang dimiliki Korea Selatan saat ini.

Dalam perjanjian 2012 yang disebut Korea Utara sebagai sebuah provokasi memungkinkan Korea Selatan mengerahkan misil dengan jarak jangkau maksimal 800 kilometer.

Meski hulu ledak yang bisa diangkut untuk jarak jangkau itu masih terbatas hingga 500 kilogram, tetapi untuk jarak yang lebih dekat hulu ledak yang dibawa bisa lebih besar.

Situasi di Semenanjung Korea sangat cepat berubah, padahal baru sebulan lalu hubungan kedua Korea tampaknya menunjukkan perubahan ke arah positif.

Pada Februari, kedua negeri yang berseteru itu menggelar pembicaraan tingkat tinggi yang jarang terjadi, setelah menggelar reuni keluarga pertama setelah tiga tahun untuk warga kedua negara yang terpisah akibat Perang Korea 1950-1953.

KOMPAS
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment