Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

11 April 2014

Korsel dan AS akan lakukan latihan militer terbesar

11:54 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Korsel dan AS akan  lakukan latihan militer terbesar
F-15 (REUTERS/US Air Force/Staff Sgt. Darin Moulton/Handout)

Seoul:(DM)  - Militer Korea Selatan pada Kamis mengatakan akan menyelenggarakan latihan udara terbesar-yang pernah ada dengan Amerika Serikat.

Latihan Max Thunder yang berlangsung dua kali setahun kali ini akan diselenggarakan mulai Jumat hingga 25 April.

Max Thunder kali ini akan merupakan latihan terbesar yang melibatkan 103 pesawat dan 1.400 pasukan, kata Angkatan Udara seperti dikutip AFP.

Jet tempur F-15K milik Seoul akan bergabung dalam latihan bersama pesawat Angkatan Udara AS, F-15 dan pesawat milik marinir AS, F-16, FA-18 dan EA-18, demikian dinyatakan.

"Menggabungkan angkatan udara akan memperkuat kesiapan tempur ketika berada di bawah keadaan ketegangan yang meningkat di Semenanjung Korea," kata AU Korea.



Latihan bersama ini akan memusatkan "skenario praktik" mengenai ketepatan serangan pada musuh dan misi pengiriman pasokan untuk pasukan yang menyusup ke wilayah lawan, demikian dilaporkan.

Secara terpisah, kedua sekutu itu juga mengadakan latihan tahunan pertahanan diri Foal Eagle yang dimulai sejak akhir Februari hingga 18 April.

Korea Utara mengecam latihan tersebut merupakan latihan penyusupan. Sebagai tanda protes, Pyongyang meluncurkan serangkaian rudal dan mortir beberapa waktu lalu diakhiri dengan percobaan rudal jarak menengah 26 Maret lalu.

  (ANTARA News)
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment