Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

27 April 2014

Korut Siap Uji Coba Nuklir, AS Tak Ragu Gunakan Kekuatan Militer

11:44 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Korut bersiap untuk uji coba nuklirnya. (Foto: Reuters)
Korut bersiap untuk uji coba nuklirnya. (Foto: Reuters)

SEOUL:(DM) - Korea Utara (Korut) kembali mengancam melakukan uji coba nuklirnya yang keempat. Jika Korut tetap bersikukuh melakukannya, Amerika Serikat (AS) pun tidak segan menggunakan kekuatan militernya untuk membela sekutunya Korea Selatan (Korsel).

"Komitmen AS telah dibuat untuk menjaga keamanan Korea Selatan dalam menghadapi agresi militer Korut," ucap Presiden AS Barack Obama dalam pidatonya di Seoul, seperti dilansir dari Boston Herlad, Sabtu (26/4/2014).

Obama melakukan kunjungan ke Korsel setelah bertolak dari Jepang dan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe.

Menurut laporan, Korsel dan Jepang menjadi target rudal milik Korut. Jepang sebelumnya mempersiapkan angkatan lautnya dalam posisi siaga untuk menghancurkan rudal yang diluncurkan Korut.


AS juga menempatkan sekira 28 ribu pasukannya untuk mengawasi aktivitas Korut. Tindakan Korut ini dinilai melanggar resolusi PBB. Saat ini AS sedang memperlihatkan kekuatannya di wilayah Asia, di tengah kondisi memanasnya hubungan Negeri Adidaya ini dengan China dan Korut. (ade)

Okezone 
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment