Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

07 May 2014

Kapal Vietnam Versus Kapal China di Laut China Selatan

11:58 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Aksi Cina untuk membangun anjungan minyak pekan lalu dilihat berbagai pihak sebagai aksi provokasi  

LCS:(DM) - Kapal Angkatan Laut Vietnam bertabrakan dengan kapal China di kawasan yang menjadi sengketa di Laut China Selatan.

Insiden ini terjadi pada saat Vietnam berupaya mencegah untuk membangun anjungan minyak di wilayah laut yang diklaim kedua negara.

Pejabat mengatakan kapal-kapal mereka juga menjadi sasaran meriam air dan secara sengaja ditabrak oleh kapal China.

Namun tidak ada tembakan yang dilepaskan dalam tabrakan pada Rabu 7 Mei tesebut.

Bagaimanapun Wakil Komandan Penjaga Pantai Vietnam, Laksamana Muda Ngo Ngoc Thu, mengatakan beberapa awak kapal cedera.

Tabrakan kapal ini merupakan insiden yang terburuk di laut antara Vietnam dan China dalam beberapa tahun belakangan terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan.

Aksi Cina untuk membangun anjungan minyak pekan lalu dilihat berbagai pihak sebagai aksi provokasi dalam kampanyenya untuk menegaskan kepemilikan wilayah laut di kawasan tersebut, yang menjadi sengketa antara China, Vietnam, Filipin, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Sumber-sumber diplomat mengatakan Vietnam mengerahkan 29 kapal angkatan laut dan penjaga pantai setelah mengetahui rencana pembangunan anjungan minyak oleh Cina, di dekat Kepulauan Paracel.

detik
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment