Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

19 June 2014

Jet Inggris Cegat 4 Pesawat Tempur Rusia di Langit Baltik

12:48 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
 
Aksi pesawat jet tempur Inggris di wilayah udara Baltik. Foto: www.raf.mod.uk


LONDON:(DM) - Sejumlah pesawat jet tempur Typhoon milik Angkatan Udara Inggris (RAF) mencegat empat pesawat tempur Rusia di wilayah udara Baltik, kemarin. Insiden itu terjadi ketika pesawat jet tempur Inggris menjalankan misi latihan perang rutin bersama Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Misi latihan perang NATO yang digelar sejak krisis Ukraina pecah berlangsung di Eropa Timur. Misi itu sengaja digelar untuk mengantisipasi gerakan militer Rusia yang dikhawatirkan akan menyerang sekutu-sekutu NATO di Eropa Timur.

Empat pesawat tempur Rusia yang dicegat pesawat jet tempur Inggris itu adalah pesawat tempur Sukhoi Su27, pesawat pembom Tupolev 22, pesawat peringatan dini eriev A50 dan pesawat angkut Antonov An26.

Menurut RAF, empat pesawat tempur Rusia itu diyakini sedang melakukan latihan rutin. ”Kami secara teratur mencegat pesawat Rusia. Inggris selalu siaga cepat dalam misi di Baltik bersama NATO,” tulis Russia Today, semalam (18/6/2014) mengutip situs resmi RAF.


Letnan Mark Long, salah satu pilot dari pesawat jet tempur Typhoon Inggris, mengatakan bahwa ada pesawat tempur Rusia yang terbang tidak wajar. ”Mencegat pesawat Rusia SU27 menjadi pekerjaan sehari-hari untuk pilot pesawat tempur RAF,” ujarnya.

Aktivitas militer di wilayah Baltik terus meningkat, sejak 10 negara anggota NATO mengerahkan hingga ribuan tentara dan ratusan kendaraan tempur untuk latihan perang.

Rusia menanggapi manuver NATO itu juga dengan latihan perang dengan kekuatan sebanding di wilayah Kaliningrad, tak jauh dari kawasan Baltik. Terkait pencegatan pesawat-pesawat tempur Rusia oleh pesawat jet tempur Inggris belum ada klarifikasi dari pihak Moskow.(mas)

sindo
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment