Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 June 2014

TNI Rebut 2 Senjata Api Angggota OPM di Papua

12:33 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jayapura:(DM) - Anggota Satgas TNI yang bertugas di Tinggi Nambut, Puncak Jaya, Papua berhasil melumpuhkan (tewaskan) salah satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan merebut 2 pucuk senjata api.

Kependam XVII/Cenderawasih Letkol Rikas Hidayatullah kepada detikcom mengungkapkan, Sabtu (7/6/2014) pagi anggota TNI yang sedang berpatroli di sekitar Tinggi Nambut, Puncak jaya, Papua berhasil melumpuhkan salah satu anggota separatis bersenjata OPM yang selama ini mengganggu di wilayah Tinggi Nambut, Puncak Jaya, Papua.

"Ya.. Tadi pagi anggota kita yang ada di Tinggi Nambut berhasil melumpuhkan satu anggota OPM dan berhasil mengambil 2 pucuk senjata api dari kelompok tersebut," ujarnya, Sabtu (7/6/2014).

Kelompok sipil bersenjata OPM tersebut merupakan kelompok TPN/OPM yang selalu mengganggu keamanan di wilayah Puncak Jaya, bahkan mereka melakukan penembakan ke pihak keamanan yang bertugas di Tinggi Nambut.

"Kelompok itu yang sering melakukan penyerangan terhadap anggota kita maupun Polri disana," kata dia. Anggota TNI Yonif 751 Tembak Mati Komandan OPM

Anggota TNI dari Batalyon Infantri (Yonif) 751/Vira Jaya Sakti Kodam XVII/Trikora yang bertugas di Tingginambut Puncak Jaya berhasil menembak mati Komandan Organisasi Papua Merdeka (OPM), di Papua, Sabtu (7/6/2014).

Kontak tembak tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 pagi, dimana pada saat kejadian prajurit TNI sedang berpatroli di wilayah sekitar Tingginambut, Puncak Jaya, Papua.

Dalam kontak tembak tersebut, prajurit TNI berhasil melumpuhkan salah satu komandan gerakan pengacau keamanan (a.n. Timika Wonda), yang selama ini mengganggu di wilayah Tingginambut serta berhasil merebut 2 pucuk senjata api laras panjang.

Kelompok sipil bersenjata OPM di Papua merupakan kelompok Tentara Pembebasan Nasional - Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) yang selalu mengganggu keamanan di wilayah Puncak Jaya, dan sering melakukan penembakan ke pihak keamanan serta penyerangan ke pihak anggota TNI maupun Polri yang sedang bertugas di Tingginambut, Puncak Jaya, Papua.

detik | TNI
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment