Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

04 July 2014

Singapura Beli 50 Tank Merkava Mk4 (Leaks)

11:36 PM Posted by Unknown No comments
Singapura dikabarkan beli 50 Tank Merkava Mk4

TEL AVIV:(DM) melaporkan, Singapura akan menjadi pembeli asing pertama untuk main battle tank Merkava Israel. Menurut laporan tersebut, Singapura menandatangani kontrak pembelian 50 tank baru Merkava Mk 4  dengan nilai  transaksi mencapai  500 juta dolar.

Sebelumnya, pada awal Juni 2014, surat kabar Israel Yediot Ahronot“, mengutip seorang sumber di Kementerian Pertahanan Israel mengumumkan penandatanganan dari Departemen Pertahanan untuk kontrak ekspor pertama tank Merkava Mk 4, tanpa menyebut nama pelanggan dan hanya mengatakan bahwa itu adalah sebuah negara, terkait hubungan jangka panjang dengan Israel di bidang keamanan. Juga tidak memberikan rincian apapun, kecuali bahwa jumlah kontrak adalah beberapa ratus juta dolar.”

Tank Merkava Mark 4 (photo: EPA/ISRAELI DEFENCE FORCES - HANDOUT)
 Tank Merkava Mark 4 (photo: EPA/ISRAELI DEFENCE FORCES – HANDOUT)

Seri Tank Merkava  mulai diproduksi  pabrik tank di Tel Hashomer, Israel pada tahun 1979. Namun, meskipun ada minat dari calon pelanggan asing, tank ini tidak pernah diekspor. Hal ini menyebabkan rendahnya tingkat produksi tank Merkava, sehingga pembuatanya berbiaya tinggi.

Tidak diekspornya tank Merkava, tak terlepas dari larangan Amerika Serikat (yang menyuplai sebagian komponen strategis dari tank Merkava) dan juga larangan dari Menteri Pertahanan Israel. Kini dengan alasan ekonomi, Kementerian Pertahanan Israel mengijinkan ekspor tank Merkava Mk4.
Sejak tahun 2007  Singapura telah mengakuisisi  182 tank Leopard 2A4 dari Bundeswehr  Jerman, sebagai program modernisasi militer. (IntelligenceOnline.com).
jkgr

0 komentar:

Post a Comment