Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

27 September 2014

Magic Eyes Penjaga Langit Vietnam

7:59 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
HANOI:(DM) - Militer Vietnam: Saat ini kemampuan perang teknologi tinggi, pengintaian elektronik menjadi peran penting dalam pertahanan tanah air, agar negara tidak terkejut dengan keadaan apapun. Untuk itu tentara mendahulukan investasi perangkat radar dilengkapi dengan alat pengawasan canggih dari kekuatan terkemuka di dunia.

image

Radar P-18 mampu mendeteksi hingga jarak 250 km di ketinggian 36 km. Radar ini mampu mendeteksi dan tracking 120 target secara bersamaan.

Radar yang dioperasikan Angkatan Udara Vietnam ini bertanggung jawab untuk pendeteksian dini dari semua target udara dan permukaan laut Vietnam.


image


Radar P-35 (planes) memiliki jangkauan deteksi target 300 km, ketinggian 25 km, dan radar ini mampu mendeteksi target terbang pada ketinggian di bawah 300 meter.

Alarm awal dari radar militer Vietnam ini terkoneksi ke unit yang bersangkutan untuk melawan bila ada dugaan pelanggaran kedaulatan nasional. Selain itu, militer juga akan menentukan jenis senjata apa yang dapat menghancurkan sasaran yang datang di udara, di laut, di darat.

image


Radar Altimeter PRV-16. Jenis radar pembimbing jet tempur untuk menyerang sasaran yang menyusup di udara.

image

Radar P-14M, Target jangkauan deteksi 600 km, ketinggian maksimum 65 km. Radar militer Vietnam didirikan sangat awal pada tanggal 21/03/1958, yakni Resimen radar wilayah Vietnam. Selama perang Vietnam, radar militer yang modern memberikan kontribusi cukup penting untuk melacak sasaran di darat, peluru kendali, anti-pesawat selama kampanye udara yang masive dari USAF.

image


Radar pengintai Advance 55Zh6UE Nebo-UE. Jenis radar jaringan digital fase 3 dengan desain koordinat secara otomatis mengikuti target.

image


Radar deteksi khusus pesawat siluman Vostock-E, yang dinamai RV-01. Radar pesawat ini belum ada pesaingnya Asia. RV-01 mampu mendeteksi pesawat siluman F-117A pada jarak 72 km di lingkungan gangguan berat, deteksi pesawat lain berkisar tidak kurang dari 360 km, jumlah target yang bisa dilacak secara bersamaan mencapai 120 target.

Hanoi sedang kampanye untuk mampu berhadapan dengan angkatan udara terkuat di dunia yang memiliki sistem peperangan elektronik yang canggih. Tentara Vietnam masih berjuang membuat radar inovatif “bar untuk menemukan suara spesifik (specific noise) untuk mendeteksi serangan udara besar-besaran.

image


Sistem pengintaian elektronik Kolchuga pasif. Alat ini adalah sistem radar pasif khusus untuk mendeteksi pesawat siluman canggih yang ada di dunia saat ini.

image


Radar putar pencari sasaran parameter rendah 39N6 Kasta-2E2 melakukan tugas khusus mendeteksi target terbang rendah seperti rudal jelajah, pesawat tak berawak. Radar ini mampu mendeteksi target terbang pada ketinggian di bawah 100 m pada jarak 41-55 km, tergantung pada ketinggian dari antena, jangkauan maksimum 150 km untuk pengintaian.

image


Radar penjejak ketinggian 96L6EV dikombinasikan dengan pertahanan udara jarak jauh S-300PMU1, menargetkan deteksi jangkauan 300 km, dan melacak 100 target secara simultan.

Vietnam siap untuk segala perang, termasuk perang elektronika, agar perang itu tidak datang kembali ke Vietnam. (Phunu Today). jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment