Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

31 October 2014

Mampu Ngerem Mendadak

11:46 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
KMC Komando

SUMSEL:(DM) - Kodam II/Sriwijaya mendapatkan tambahan alat utama sistem pertahanan (alutsista) jenis Kapal Motor Cepat (KMC) Komando. Kapal buatan anak bangsa ini memiliki kemampuan bermanuver yang hebat. Bisa berputar 360 derajat dan ngerem secara mendadak.

Kapal canggih tersebut diserahkan Direktur Pembekalan Angkutan TNI AD, Brigjen TNI Pasenga Talilah, kepada Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo, di dermaga Bekangdam II/Sriwijaya, kemarin (29/10).

“Kapal ini memiliki kecepatan 25 knots dan mampu berputar 360 derajat secara cepat serta mampu ngerem mendadak,” ujar Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo.

Dijelaskan Pangdam, KMC Komando itu merupakan buatan anak bangsa melalui PT Tesco Indomaritim. Punya panjang LOA 17,60 meter, lebar 4,20 meter, tinggi 2,15 meter (lihat grafis). “Kapal ini sangat sesuai dengan geografis wilayah Kodam II/Sriwijaya yang dikelilingi perairan,” bebernya.

KMC Komando itu bisa digunakan untuk menangkap penyelundupan melalui jalur air, termasuk mengungkap penyelundupan minyak ilegal karena laju kapal ini sangat cepat. “Personel kita juga sudah dibekali dengan kemampuan mengendalikan kapal ini. Tadi sudah didemonstrasikan ke Pulau Kemaro, uji coba kehebatan kapal ini,” tutur Bambang.


Selain cepat, KMC Komando juga memiliki senjata pendukung berkaliber 17 milimeter. “Kalau jarak tembaknya, bisa diatur. Namun untuk di wilayah sungai, semakin dekat malah makin bagus,” ulas jenderal bintang dua itu.

Ke depan, lima Korem yang di wilayah Kodam II/Sriwijaya akan mendapatkan masing-masing satu unit kapal jenis ini. “Untuk sementara, KMC Komando ini ditempatkan di Bekangdam II/Sriwijaya. Perlu perawatan yang baik. Harganya saja Rp12 miliar. Kalau sampai rusak, sangat disayangkan,” cetusnya.

Dengan dukungan KMC Komando, Kodam II/Sriwijaya siap untuk mengamankan wilayah perairan Sumbagsel yang luas dari beragam kejahatan. Akan dijalin kerja sama yang baik dengan TNI AL dan Ditpolair Polda Sumsel. “Bagi yang membutuhkan bantuan kapal ini, silakan kontak kami. Kami 24 jam siap membantu,” tukasnya.

sumeks
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment