Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

15 November 2014

Argentina Tuding Inggris Buat Provokasi di Malvinas

9:27 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Argentina Tuding Inggris Buat Provokasi di Malvinas
 Kepulauan Malvinas atau Faklands menurut Inggris. (REUTERS)

BUENOS AIRES (HN)(DM) - Argentina menuduh Inggris telah melakukan latihan militer di dekat Kepulauan Malvinas, kejadian ini menimbulkan sebuah "provokasi baru" dalam sengketa panjang kedua negara di kawasan Atlantik Selatan.

"Argentina menentang tegas latihan angkatan laut dan militer Inggris, yang dilakukan di sekitar 350 kilometer wilayah timur," kata Menteri Luar Negeri Argentina Hector Marcos Timerman.

Ia telah menyatakan keberatan ini kepada Kedutaan Inggris.

Meskipun kepulauan tersebut telah dikuasai Inggris sejak 1833, Argentina juga mengklaim kepulauan tersebut sebagai miliknya.

Negara Amerika Latin itu berusaha mengambil kekuasaan atas pulau tersebut melalui pertempuran berdarah pada tahun 1982 yang sejak lama membuat hubungan buruk antara London dan Buenos Aires.

"Argentina mempelajari informasi bahwa kapal HMS Iron Duke ikut ambil bagian dalam latihan militer tersebut, termasuk menembakkan sebanyak 136 peluru, ini usaha provokasi baru oleh pemerintahan Inggris," katanya.

Latihan militer dipandang "demonstrasi percobaan senjata " yang dibuat oleh tentara Inggris sebagai bagian dari usaha pendudukan militer ilegal di pulau-pulau tersebut.

Pada tahun 1982, diktator Argentina Jenderal Leopoldo Galtieri menginvasi dan menduduki Kepulauan Falkland--sebutan Inggris, yang dikenal sebagai Malvinas dalam bahasa Spanyol. Dalam peperangan tersebut 649 tentara Argentina dan 244 tentara Inggris tewas. (ajg)

harnas
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment