Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

13 November 2014

Azerbaijan Tembak Jatuh Helikopter Armenia

11:55 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Helikopter Mi-24. (sumber: Ist) 

Helikopter Mi-24.Nagorno Karabakh, Azerbaijan:(DM) - Kementerian Pertahanan Azerbaijan menyatakan telah menembak jatuh sebuah helikopter milik Armenia karena melakukan pelanggaran batas udara pada Rabu (12/11). Menurut media setempat semua penumpang helikopter yang berjumlah tiga orang tewas.

Helikopter jenis Mi-24 buatan Rusia tersebut sedang terbang di wilayah konflik di Nagorno Karabakh sebelah barat Azerbaijan yang dihuni etnis Armenia. Wilayah tersebut menjadi perebutan dua negara setelah lepad dari Uni Soviet (Rusia) pada 1994.

Kemhan Azerbaijan menjelaskan helikopter ditembak jatuh saat mendekati barisan terdepan antar pasukan kedua negara di perbatasan. Tensi panas Azerbaijan dengan Armenia sudah berlangsung dalam satu dekade terakhir. Perang kedua kelompok pecah pada 1988 ketika masih dalam kekuasaan Uni Soviet.


Di bawah perjanjian gencatan senjata tahun 1994, wilayah konflik Nagorno Karabakh dan tujuh kawasan lainnya yang masuk dalam wilayah Azerbaijani diberikan pada pasukan Armenia.

beritasatu
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment