Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

06 November 2014

Menhan: RI kerjasama Korsel buat 3 kapal selam & pesawat tempur

12:08 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Menhan: RI kerjasama Korsel buat 3 kapal selam & pesawat tempur

JAKARTA:(DM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Oleh karena itu, Indonesia harus memperkuat sektor maritim. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan Indonesia saat ini sedang membuat kapal selam guna mendukung visi pemerintah itu. Sebanyak tiga kapal selam dibuat dengan bantuan dari Korea Selatan.

"Kita kan laut sudah dibuatkan kapal sendiri, kita akan membuat kapal selam tiga. Dua (kapal selam) kerja sama dengan Korea Selatan, yang satu akan ke sini buatan Surabaya," kata Ryamizard Ryacudu usai membuka pameran senjata 2014 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (4/11).

Menurutnya, selain kapal selam, Indonesia pun sedang membuat pesawat tempur. Pembuatan pesawat ini pun lagi-lagi bekerjasama dengan Korea Selatan. "Kita sedang membuat pesawat tempur, mungkin agak lama sekarang sedang rancang bangun. kerja sama juga dengan Korea Selatan," terang mantan KSAD ini.

Ryamizard berharap, Indonesia suatu saat akan mampu membuat pesawat tempur dan kapal selam sendiri. Namun, saat ini Indonesia baru mampu membuat alat tempur berupa roket.

"Mungkin kapal selam satu sampai dua tahun lagi kita bisa buat sendiri, kalau pesawat masih lima tahun lagi. Tapi roket kita buat sendiri," pungkas dia.

merdeka
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment