Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

02 November 2014

Senjata Otomatis di Panser Anoa

10:28 PM Posted by Ikh Sanudin No comments


BANDUNG:(DM) - Kendaraan tempur TNI (Panser Anoa) kini kecanggihannya bertambah. Dari yang sebelumnya dikendalikan secara manual, saat ini senjata yang melekat di beberapa jenis ranpur ini bisa dikendalikan otomatis dengan menggunakan remote control.

Batalyon Infantri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha mempunyai program open to public yang mengizinkan masyarakat menaiki Anoa setiap hari Sabtu pukul 08.00-10.00 WIB mulai minggu depan. Batalyon pengamanan Ibukota ini sendiri memiliki 51 ranpur buatan dalam negeri itu.

"Kita punya 51 tapi yang baru ada di sini 40, sisanya ada yang masih diproduksi juga di Pindad. Sekarang (Panser Anoa) ada pengembangannya. Kita punya 2 Anoa yang senjatanya pakai remote control weapon system.

Ada joystick (alat pengendali) nya, jadi seperti main game," ujar Komandan Yonif 201/Jaya Yudha, Letkol Inf Bangkit Widodo di markas Batalyon-nya, Jl Raya Bogor KM 28, Pasar Rebo, Jaktim, Sabtu (1/11/2014).


Dua Anoa di Yonif 201/Jaya Yudha yang sudah memiliki sistem ini adalah Anoa 1 jenis APC (armoured personnel carrier) atau ranpur angkut dan 1 jenis Anoa Komando. Sistem kendali otomatis tersebut berada di dalam ranpur dan terdiri dari layar dan joystick.

Pada layar tersebut prajurit yang mengoperasikan senjata bisa melihat keadaan medan perang dari cctv yang terpasang pada senjata yang ada di luar. Laras senjata akan berubah-ubah posisi secara otomatis untuk mengarahkan sasaran sesuai gerakan joystick.

"Jadi prajurit penembaknya nggak perlu di atas lagi untuk menembak karena rawan sasaran sniper. Jadi bisa dioperasikan dari dalam. Pakai sistem ini bisa lock (mengunci) target 10 sasaran diam. tinggal ngarahin pakai joysticknya," jelas Letnan Satu M Awaluddin dalam kesempatan yang sama.

Panser Anoa yang merupakan kebanggaan dalam negeri ini ada beberapa jenisnya. Yaitu ranpur APC, ranpur Komando, ranpur Ambulance, ranpur intai, ranpur recovery, dan ranpur morse.

"Ranpur morse atau panser mortir itu senjata lintas lengkung, kalau (ranpur) recovery itu untuk pemulihan, misalnya ada ranpur lain yang terperosok. Di ranpur Komando ada ruang briefing," Udin menjelaskan.

Perwira ini pun menyatakan dalam waktu dekat Pindad akan me-launching satu jenis ranpur Anoa lagi. Yakni Anoa amfibi yang berarti bisa digunakan di darat atau di perairan.

"Saya juga belum tahu jelas tapi saya sudah ditunjukkan video uji coba Anoa amfibi. Body-nya seperti APC, di bagian depannya ada pemecah gelombang kayak tank marinir. Di belakangnya ada mesin-mesin hydro jet untuk jalan di air. Kalau senjatanya saya belum tahu, katanya sebentar lagi mau dilaunching," tutup Udin.

detik
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment