Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

17 November 2014

TNI AL akan Tambah 54 Tank Baru

11:11 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
SURABAYA:(DM)  – TNI AL akan semakin memperkuat alutsista dengan menambah armada tank pada 2015. Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Marsetio saat memimpin upacara perayaan HUT ke-69 Korps Marinir di Lapangan Tembak Bhumi Marinir Karangpilang, Senin (17/11/2014).

Marsetio mengatakan akan kembali menambah 54 tank amfibi jenis BMD IV untuk memenuhi standar minimum essential force (MEF) Korps Marinir dan TNI AL.

“Untuk menjadikan TNI AL poros kekuatan laut, standar MEF ini wajib dipenuhi. Rencana itu (penambahan 54 tank) akan terealisasi 2015 mendatang,” kata Marsetio kepada para awak media.
Tank BMD IV buatan Rusia ini merupakan tank kelas berat yang selain sebagai penyerbu darat dan laut, juga efektif untuk penghalau serangan udara.

TNI AL sendiri telah memiliki ratusan tank jenis BMP seri 1 sampai 3. Awal tahun lalu, TNI AL sudah mendatangkan tank BMP 3 sebagai modernisasi alutsista.
Selain tank, lanjut Marsetio, TNI AL juga memesan roket multilaras sebagai kekuatan artileri baru. Marsetio juga tengah membentuk satu Divisi Korps Marinir baru pada 2015.


“Ini sebagai wujud profesionalisme TNI AL untuk menjaga keutuhan NKRI,” sambungnya.
Terkait HUT Korps Marinir ke-69, Marsetio member pujian tertinggi kepada Korps Baret Ungu tersebut. Menurutnya, Korps Marinir adalah satuan terbaik yang ada di TNI.

Namun jangan langsung menjadi sombong. Harus tetap waspada dan tingkatkan prosefionalisme. Jaga solidaritas dan persaudaraan dengan sesama satuan, Polri, dan rakyat,” ujarnya.
Pada perayaan HUT Korps Marinir ini juga digelar parade defile pasukan dan scenario serangan kilat yang melibatkan unsur tank, artileri, dan lainnya.

Sebanyak 5.054 pasukan terlibat dalam parade defile ini. Bahkan, para Jalasenastri (istri perwira Marinir) ikut terlibat dengan mempersembahkan train kolosal Nusantara.

tribunnews.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment