Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

18 December 2014

Ada 13 Kapal Tiongkok Curi Ikan, Menteri Susi: Pak Presiden, Segera Tangkap!

10:35 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
//images.detik.com/content/2014/12/18/4/susi9.jpg
 Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan

Jakarta:(DM) - Hari ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima laporan dari data satelit Automatic Identification System (AIS) tentang adanya kegiatan penangkapan ikan ilegal oleh 13 kapal berbendera Tiongkok di Laut Arafura. Susi meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menindak dengan menangkap ke 13 kapal tersebut.

"Tentu kita mohon kepada Pak Presiden untuk perintahkan panglima dan staf TNI Angkatan Laut untuk segera menangkap kapal tersebut. Harus ditangkap," tegas Susi saat berdiskusi dengan media di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Susi tidak ingin kejadian serupa terjadi saat proses penangkapan 22 kapal Tiongkok di Laut Arafura. Karena telat beraksi, hanya 9 dari 22 kapal yang berhasil ditangkap.

"Masih ada aktifitas illegal fishing di Laut Arafura," imbuhnya.

Susi juga memberikan masukan bagi TNI AL bahwa banyak modus yang dilakukan pelaku illegal fishing agar mereka tidak tertangkap. Susi meminta TNI AL tidak lengah saat proses penangkapan dilakukan.

"Kenapa dari 22 hanya 9 yang berhasil ditangkap? TNI AL yang bisa jawab. Saya hanya meminta kepada KSAL, kadang mereka pintar. Contohnya di Morotai ada 100 kapal, kemudian ada kapal patroli 10 kapal yang jegat yang 90 lari," ungkap Susi.


(wij/hds) detik
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment