Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

14 February 2015

Kerjasama TNI AL – SAAB Swedia

3:45 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
K:apal selam Gotland Class buatan Saab - kockums
Kapal selam Gotland Class buatan Saab – kockums

SURABAYA:(DM) - Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) prajurit khususnya di bidang pendidikan, TNI AL melaksanakan Penandatanganan MOU atau kerja sama dengan Svenska Aeroplan Aktiebolaget (SAAB) Swedia, yang dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya, baru-baru ini.

Maksud penandatanganan kerja sama ini adalah untuk memberikan beasiswa kepada sepuluh perwira TNI Angkatan Laut melalui Kursus Manajemen Inovasi selama tiga minggu di Swedia, dan kegiatan seminar dua hari di Indonesia. Kedua pelatihan akan dilaksanakan awal tahun 2015.

Lingkup kesepakatan yang dilaksanakan adalah, SAAB Swedia menawarkan kepada TNI AL pendidikan beasiswa yang akan berfokus pada Triple Helix, yaitu dengan teori dari akademisi dan disertai penjelasan dari bermacam-macam perspektif serta penerapan dari dunia industri Swedia.


saab-tni-al

Melalui pendidikan ini, diharapkan para peserta akan mendapat pengetahuan mengenai sistem inovasi Swedia dan pendorong industri untuk inovasi dan litbang (penelitian dan pengembangan); penjajakan skenario, strategi dan perencanaan portofolio produk, dan bidang-bidang inovatif yang menggambarkan proses dari riset hingga sistem yang siap digunakan dengan contoh-contoh operasional maritim di pantai dangkal, termasuk teknologi serta metode-metodenya.

SAAB Swedia dihadiri oleh Deputy Head of SAAB Mr. Lars Nielsen, sedangkan dari pihak TNI AL dihadiri oleh Kadisdikal Laksamana Pertama TNI Dr Ir Supartono M.M., Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Siswo Hadi Sumantri, Kasubdis Opsdik Disdikal, Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, dan Perwira Staf STTAL. (tnial.mil.id). jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment