Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 February 2015

Tunggu Rupiah Stabil, RI Belum Pesan Sukhoi SU-35

10:30 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
 Penampilan jet tempur Sukhoi SU-35 dalam China Air Show 2014. (foto: AFP)
Penampilan jet tempur Sukhoi SU-35 dalam China Air Show 2014. (foto: AFP)

Jakarta:(DM) - Usia jet tempur F-5 Tiger TNI AU sudah cukup uzur. Jet tempur super sonic Sukhoi SU-35 jadi calon kuat penggantinya untuk mengamankan wilayah udara NKRI.

“Hasil kajian untuk mengganti F-5, ada Su-35, ada dari Swedia dan F-16,” ujar Panglima TNI Jend. Moeldoko di Markas Kopassus TNI AD, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (6/2/2015).
“Kita sepakat Su-35 urutan pertama,” sambungnya.

Penggantian jet tempur F-5 Tiger masih berupa rencana strategis TNI AU. Belum ada langkah TNI dan Kementerian Pertahanan untuk memesan Sukhoi SU-35 yang merupakan buatan Rusia, seperti pengadaan anggarannya.

“Anggaran belum (dibahas) karena nilai tukar rupiah masih fluktuatif terhadap dolar,” jelas Moeldoko.


Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Agus Supriatna sempat mengatakan, pesawat Sukhoi SU-35 buatan Rusia memenuhi spesifikasi untuk melengkapi kekuatan alutsista matra udara. Ia berharap pemerintah menyetujui TNI AU mendatangkan jet tempur pengganti F-5 itu guna pengamanan wilayah udara NKRI.

“Keinginan kita jelas pesawat generasi di atas IV, kalau F-16 yang blok 60. Kalau dari timur atau Rusia kalau bisa Sukoi F-35,” kata Agus (Metrotvnews.com)jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment