Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

03 April 2015

Pakistan Hendak Borong 8 Kapal Selam China

9:42 AM Posted by Unknown No comments

Pakistan Hendak Borong 8 Kapal Selam China
Pakistan hendak memborong delapan kapal selam China. | (Reuters)
 
ISLAMABAD:(DM) - Pakistan memberikan sinyal untuk menyetujui kesepakatan pembelian delapan kapal selam China senilai multi-miliar dolar. Demikian laporan Finacial Times, Kamis (2/4/2015), yang menyebut itu sebagai penjualan senjata ke luar negeri terbesar China.

“Keputusan telah disepakati ‘secara prinsip’," tulis media itu, mengutip hasil rapat di Komite Pertahanan Parlemen Pakistan. Surat kabar Pakistan, Dawn, menyatakan, negosiasi dengan China terkait pembelian delapan kapal selam itu telah memasuki tahap lanjutan.

Pejabat pertahanan Pakistan tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar. Sedangkan Departemen Pertahanan China menolak berkomentar.

Seorang mantan perwira senior Angkatan Laut Pakistan yang mengetahui tentang negosiasi itu mengatakan kepada Financial Times, bahwa nilai kontrak jual beli delapan kapal selam itu bisa mencapai US$ 4-5 miliar.

China dan Pakistan satu sama lain saling menyebut sebagai “teman”. Presiden China, Xi Jinping dijdawalkan akan melakukan perjalanan ke Pakistan pada bulan ini sebagai sinyal “kedekatan” dua negara ini semakin kuat.



Data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), menyatakan China adalah pemasok utama senjata Pakistan. China pada 2014 telah tercatat sebagai eksportir senjata terbesar ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan Rusia.

sindonews

0 komentar:

Post a Comment