Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

23 June 2015

China Tantang Dominasi Amerika Serikat di Udara

6:25 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
image

Jakarta:(DM) – Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Work, mengatakan pada Senin (22/6) bahwa China sedang melakukan upaya serius untuk menantang superioritas militer Amerika Serikat di udara, menantang Pentagon untuk terus mengembangkan sistem dan teknologi militer mereka.

Work juga menilai bahwa China menutup kesenjangan teknologi dengan sangat cepat. Mengembangkan radar, membuat pesawat pengintai dan rudal canggih, serta peralatan perang elektronik adalah contoh dari keseriusan China di dalam menantang dominasi Amerika Serikat di udara.

Meski berharap China dan AS terus menjalin hubungan yang konstruktif, Work tidak bisa menyangkal adanya kompetisi antara kedua negara, terutama di ranah kemampuan militer.

Work memberikan sambutan pada konferensi perdana dari China Aerospace Studies Initiative, sebuah kerjasama antara U.S Air Force dan lembaga think-tank RAND Corporation, yang bertujuan untuk meningkatkan penelitian Amerika Serikat terkait ambisi kedirgantaraan China.

Konferensi tersebut diselenggarakan bersamaan dengan kunjungan ratusan pejabat China di Washington selama 3 hari untuk menghadiri Dialog Strategis dan Ekonomi, yang membahas membahas aspek bidang kerjasama dan friksi antara AS dan China.

“Kami berharap semakin hari, aspek kerjasama kami akan lebih besar dari aspek kompetitif,” tambahnya. .

Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat telah mengandalkan keunggulan teknologi selama 25 tahun terakhir, tapi sekarang keunggulan teknologi tersebut menjadi begitu biasa dan terus terkikis.

Lebih lanjut, Pentagon sedang bekerja untuk mengembangkan teknologi baru untuk mempertahankan keunggulan dan menurunkan biaya untuk menanggapi serangan yang akan datang.

CNN Indonesia.com JKGR
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment