Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

29 November 2015

Turki Terbukti Bantu ISIS Jual Minyak Curian

9:15 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Kilang minyak di Baiji, Baghdad Utara yang dikuasai ISIS.

Kilang minyak di Baiji, Baghdad Utara yang dikuasai ISIS.
BAHDAD:(DM) - Politikus yang merupakan mantan Penasihat Keamanan Nasional Irak, Mowaffak al-Rubaie, mengatakan, Turki membantu menjual minyak curian ISIS dengan harga cuma USD20 dolar atau sekitar Rp276 ribu per barel. Hal itu disampaikan politikus Irak tersebut dalam sebuah tulisan pada Sabtu (28/11/2015).
Dalam pernyataan yang dimuat di halaman Facebook-nya, al-Rubaie, yang juga pemimpin dari koalisi di parlemen menguraikan dukungan empat cabang di Ankara untuk militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
”Pertama dan terpenting, Turki membantu militan menjual minyak curian dari Irak dan Suriah untuk USD20 per barel, yang merupakan setengah dari harga pasar,” tulis Mowaffak al-Rubaie.
Menurutnya, Turki pada umumnya, dan Istanbul pada khususnya, juga merupakan tempat di mana para komandan ISIL merekrut migran lokal dan membawa mereka ke Mosul di Irak atau Raqqa di Suriah.
”Setiap bulan ratusan radikal menyeberangi perbatasan Turki, sementara penegak hukum setempat berpura-pura mereka tidak melihat,” lanjut tulisan Mowaffak al-Rubaie, seperti dikutip Sputnik.
Dia menambahkan, bnyak militan ISIS yang terluka ternyata menjalani perawatan di rumah sakit Turki.
Sebelumnya, Presiden Rusia, Vladimir Putin dalam konferensi pers dengan Presiden Prancis, Francois Hollande di Moskow, mengatakan bahwa pasokan minyak Suriah dalam jumlah besar dikirim ke Turki oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment