Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

26 November 2015

Rusia Kerahkan Kapal Penjelajah dan Rudal Balistik

12:10 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
MOSCOW:(DM) - Kemarahan Rusia atas Turki setelah ditembak jatuhnya jet temput Su-24, ditunjukan dengan pengerahan kekuatan tempur. Saat ini, Kapal penjelajah Moskva milik Rusia telah memasuki tempat pengawasan terbarunya di bagian pesisir Latakia, Suriah, setelah sebelumnya ditempatkan di Laut Mediterania.
Kapal penjelajah tersebut siap untuk menghancurkan segala sasaran yang mengancam aviasi Rusia dari udara. Demikian hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu.
Selain itu, sang menteri juga memperingatkan bahwa Kemenhan Rusia akan memutuskan semua kontak dengan Turki di bidang militer.
Kemarahan Rusia juga ditunjukkan dengan mengirimkan sistem pertahanan rudal S-400 ke pangkalan udara Hmeimim. Sistem misil antibalistik jarak jauh S-400 adalah misil pencegat udara untuk mendukung kegiatan aviasi Rusia di udara, dengan jangkauan tembak mencapai 400 kilometer.
S-400 merupakan sistem senjata rudal anti-pesawat generasi baru yang dikembangkan oleh Pusat Biro Desain Almaz sebagai modifikasi dari S-300. Sistem peluncur rudal S-400 menunjukan seperti apa seharusnya sistem antiroket ‘beracun’ bekerja. Sistem ini dapat menembak 36 sasaran sekaligus, dengan mengarahkan hingga 72 buah roket pada sasaran.
S-400 bekerja enam kali lebih cepat dibanding pendahulunya, termasuk dibanding sistem buatan AS, Patriot. Hal tersebut mungkin karena adanya penggunaan peluncur vertikal dan konstruksi tersendiri dari roket milik S-400.
Selain itu, S-400 dapat mengikat sasaran tidak hanya dari sistem radar miliknya, namun juga melalui informasi dari luar yakni dari titik pengendali sistem pertahanan udara dan antiroket lain, satelit, serta pesawat peringatan udara radar jarak jauh. Setiap kompleks S-400 tidak hanya mampu menembakan rudal pada obyek-obyek asing, namun juga mengendalikan jaringan kompleks peluncur rudal tipe lainnya yakni S-400, S-300, Pansir-S1, dan Tor-M1, serta menyatukan puluhan peluncur dengan ratusan roket di bawah komandonya.
S-400 adalah satu-satunya peluncur rudal yang kompleks yang dapat mengenai sasaran yang lebih tinggi dari langit itu sendiri. Sistem ini juga dilindungi dengan baik terhadap serangan-serangan elektronik.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment