Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 November 2015

Thailand dan Ukraina Join Produksi BTR-3E1

11:21 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
BANGKOK:(DM) - Ukraina dan Thailand dalam proses finalisasi program yang mendukung rencana Royal Thai Army (RTA) untuk membangun kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC), BTR-3E1 8×8 untuk diproduksi di Thailand, ujar seorang pejabat senior dari Departemen ekspor pertahanan Ukraina dan pihak industri Ukroboronprom kepada IHS Jane, pada 3 November 2015.
Dia mengatakan rencana itu akan dilakukan dalm tiga tahap dan dilaksanakan dalam jangka panjang bersamaan dengan upaya Thailand mengembangkan kemampuan industri lokal. Program ini akan mendukung program masa depan Royal Thai Army (RTA), untuk pengadaan BTR-3E1 serta rencana mengekspor APC tersebut ke negara-negara regional.
Pada tahun 2008 dan 2011, RTA memesan lebih dari 220 unit BTR-3E1, yang diproduksi oleh Kharkov Morozov Machine Design Bureau. Pengiriman tertunda oleh konflik di Ukraina tetapi Ukroboronprom mengharapkan dapat menyerahkan pesanan terakhir RTA, sebelum akhir 2015, kata pejabat, yang tidak ingin diidentifikasi.
Ia menambahkan, hal ini akan diikuti dengan program untuk memproduksi BTR-3E1 di Thailand. “Kami berharap untuk menandatangani perjanjian kerjasama dalam waktu dekat,” katanya.
Program BTR-3E1 akan dilakukan selama beberapa tahun dan memiliki berbagai tingkat pelatihan dan dukungan untuk teknisi RTA. Industri swasta di Thailand tidak akan terlibat dalam program ini, melainkan akan dilakukan oleh unit produksi RTA sendiri yang memimpin proyek ini.
Tahap pertama RTA (Royal Thai Army) akan merakit kendaraan lapis baja BTR-3E1 yang komponen dan kit-nya disediakan oleh Ukraina. Jika ini dianggap sukses, kedua negara kemudian berharap dapat memfasilitasi pembuatan komponen oleh RTA dan subassemblies, yang mengarah ke produksi penuh kendaraan. Pada tahap akhir, unsur-unsur dari BTR-3E1 yang tidak bisa diproduksi di Thailand termasuk peluru dan senjata serta mesin kendaraan, akan disuplai dari Jerman.
Selain BTR-3E1, RTA juga memesan MBT T-84 (turunan dari MBT BM Oplot) kepada Ukraina pada tahun 2011.
IHS Jane  jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment