Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 November 2015

Tiongkok Akan Dapatkan Sistem Misil S-400 Rusia Paling Cepat Tahun Depan

8:40 AM Posted by Unknown No comments
Pasokan gelombang pertama sistem misil anti-pesawat jarak jauh Rusia S-400 
MOSCOW:(DM) - Triumph untuk Tiongkok rencananya akan dikirim antara satu tahun hingga 1,5 tahun mendatang, demikian disampaikan seorang narasumber dari bidang kerja sama militer-teknis Rusia pada TASS, Kamis (12/11).
"Pasokan rencananya dikirim paling cepat tahun depan, atau sepertinya 1,5 tahun mendatang," kata sang narasumber.
Penandatanganan kontrak pasokan S-400 untuk Beijing resmi diumumkan pada musim semi 2015.
"Saya tak akan membeberkan detil kontrak, tapi ya, Tiongkok memang akan menjadi pembeli pertama sistem pertahanan udara terbaru Rusia, yang menegaskan level strategis dalam hubungan Rusia-Tiongkok," tutur Direktur Jenderal perusahaan ekspor senjata Rusia Rosoboronexport Anatoly Isaykin pada April lalu.
Diketahui India juga berencana membeli 12 buah sistem pertahanan misil udara S-400.
S-400 Triumph merupakan sistem misil anti-pesawat jarak menengah dan jarak jauh yang dirancang untuk menghancurkan semua target udara modern dan canggih pada jarak hingga 400 kilometer.
S-400 Triumph (julukan NATO: SA-21 Growler) merupakan pengembangan dari sistem misil permukaan-ke-udara seri S-300. Sistem tersebut masuk perbendaharaan senjata militer Rusia pada 2007 dan S-400 pertama kali dioperasikan di medan tempur pada Agustus 2007. Rusia membentu empat resimen S-400 di wilayah Moskow, eksklave Kaliningrad di Baltik, dan Distrik Militer Timur. 

0 komentar:

Post a Comment