Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

25 November 2015

TNI AU Pesan 12 Jet Tempur SU-35

12:54 AM Posted by Unknown No comments
SU-35 (© Sputnik/ Grigoriy Sisoev)
SU-35 (© Sputnik/ Grigoriy Sisoev)
JAKARTA:(DM)  – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan akhirnya memesan 12 jet tempur Sukhoi SU-35 lengkap dengan persenjataan dan perangkat pendukungnya. Hal ini disampaikan KASAU Marsekal Agus Supriatna saat bertemu dengan para pimpinan media di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa, 24/11/2015.
Menurut Marsekal Agus Supriatna, pengajuan dari Kementerian Pertahanan telah disampaikan ke Bappenas. “Saya sudah melihat, pengajuan dari Kemhan untuk pembelian SU-35 ke Bappenas”, ujarnya.
Proses penbelian ini diawali dengan pengajuan dua kandidat pengganti F-5 Tiger, yakni SU-35 dan F-16 Viper.
Kedua pesawat itu dipilih, karena merupakan pesawat generasi 4,5.
“Pengganti F-5 Tiger harus di atas generasi 4. Mengapa kedua jenis pesawat itu yang kita pilih, bukan Eutofighter misalnya, agar ada kesinambungan bagi pilot dan mekaniknya dengan pesawat Sukhoi dan F-16 yang sudah kita punya. Tinggal upgrade kemampuan avionik dan beberapa hal lain”, ujar Kasau.
Setelah melakukan pengkajian yang mendalam, akhirnya SU-35 yang dipilih oleh Kementerian Pertahanan untuk diproses ke Bappenas.
Sebenarnya TNI AU hendak membeli satu skadron Su-35 dengan jumlah 16 unit. Namun karena dana terbatas, diputuskan untuk membeli 12 pesawat Su-35 tapi dengan persenjataan lengkap.
“Kalau punya pesawat tempur, harus siap bertempur 100 persen. Harus dilengkapi dengan persenjataan dan perangkat pendukung. Dan kita membeli yang baru”, ujar Marsekal Agus Supriatna. (JKGR).

0 komentar:

Post a Comment