Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

20 December 2015

India Beli Lima Sistem Rudal S-400 Triumph

12:28 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
NEW DELHI:(DM) - Menjelang kunjungan Perdana Menteri India, Narendra Modi ke Moskow, pemerintah merapihkan rencana budget Rs 30.000 crore untuk membeli lima unit sistem rudal pertahanan udara Rusia S- 400 Triumph.
Akuisisi ini akan membuka jalan bagi India untuk menutup kesenjangan kemampuan pertahanan udara (darat) dari Angkatan Udara India (IAF). Selain Akusisi S 400, Dewan Pertahanan (DAC) yang dipimpin oleh menteri pertahanan Manohar Parrikar juga menyiapkan dana pembelian sekitar Rs 25.500 crore untuk alutsista, termasuk enam resimen sistem roket Pinaka, untuk Angkatan Darat India.
Persetujuan DAC, telah memberikan lampu hijau untuk proses pembelian tersebut.
“Akuisisi sistem pertahanan rudal S-400 akan meningkatkan kemampuan pertahanan udara dan memberikan bangsa India kemampuan untuk menangkal ancaman dengan aset pengawasan jarak jauh yang berdiri sendiri dan berbiaya ekonomis,” kata sumber kementerian pertahanan.
Sumber mengatakan biaya akhir akan dibahas selama tahap negosiasi harga. Diharapkan pengumuman konkret lebih lanjut akan dilakukan selama kunjungan PM Modi ke Moskow bulan ini.
Rudal S-400, yang dikembangkan oleh Almaz-Antey Rusia akan meningkatkan kemampuan pertahanan udara jarak jauh IAF. Sistem dengan jangkauan 400-km ini, telah digunakan oleh Rusia di Suriah, dan akan menambah pertahanan udara India yang sudah ada yang dimiliki IAF, yakni sistem rudal buatan Akash, Spyder Israel dan Igla.
Dewan juga menyetujui akuisisi 1.200 crore Rs dari 24 sistem pertahanan udara Pechora. Izin lain untuk proyek Rs 450 crore adalah untuk mengembangkan 120 troll untuk alutsista tank T 72 dan T-90 untuk Angkatan Darat.
Dewan menyetujui dana senilai Rs 25.000 crore untuk peralatan untuk program buatan dalam negeri India. Di antara yang paling signifikan adalah izin untuk enam resimen sistem roket Pinaka Multi Barrel untuk Angkatan Darat. Tentara telah mempertimbangkan membuatn 10 resimen Pinaka pada 2017. Sementara empat resimen telah disetujui.
Dewan juga telah memberikan lampu hijau untuk pembangunan lima Kapal Armada Dukungan untuk Angkatan Laut oleh BUMN Hindustan Shipyards Limited, yang baru-baru ini selesai melakukan perbaikan yang tertunda untuk kapal selam Sindhukirti. Dewan juga menyetujui pembelian alutsista 571 kendaraan tahan peluru.
Indianexpress.com/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment