Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

29 December 2015

India Borong S-400 dan Jet Tempur Sukhoi Rusia

12:22 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Sistem Rudal S-400 Rusia
New Delhi:(DM) – India bekerjasama dengan Rusia di bidang militer dan Perdana Menteri India, Narendra Modi menganggarkan dana US$ 150 miliar untuk upgrade persenjataan militer, termasuk untuk membeli sitem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia.
Menurut Jon Grevatt, analis Industri Pertahanan Asia Pasifik IHS Jane, mengatakan: “Rusia dan India memiliki kemitraan sangat kuat. Sementara Amerika Serikat (AS) hanya bisa berangan-angan,” ujarnya seperti dikutip Bloomberg.
Dia memproyeksikan, penjualan senjata dari AS bisa menyusut, sementara penjualan dari Rusia makin kuat. Sebab begitu banyak program yang dijalankan oleh kedua negara.
Beberapa tahun fiskal terakhir, AS sempat menjadi pemasok alat pertahanan terbesar India. Tapi munculnya Rusia justru meregangkan hubungan antar keduanya.
Kerjasama ini merupakan tindak lanjut kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada tahun lalu. Modi membalas kunjungan tersebut selama dua hari sejak 23 Desember.
140 jet tempur Su-30MK Sukhoi

Pada kunjungan itu India setuju membeli lima sistem rudal pertahanan S-400. Menurut Pejabat Kementerian Pertahanan India yang namanya enggan disebutkan, India harus mengeluarkan dana sekitar US$ 4,5 miliar untuk membeli
S-400. Pengiriman S-400 diperkirakan pada tahun 2018.
Selain itu, India juga akan membeli 140 jet tempur Su-30MK Sukhoi. Stockholm International Peace Research Institute memperkirakan nilainya US$ 5,4 miliar.
Kesepakatan lain yang dihasilkan dalam pertemuan itu adalah Rusia akan memproduksi helikopter kargo militer di India 200-Ka-226T dengan investasi US$ 1 miliar.
Menurut Konstantin Makienko, Wakil Direktur Pusat Analisis Strategi dan Teknologi Rusia, dari kunjungan tersebut telah menghasilkan transaksi senilai US$ 7 miliar.
Bagi India, Direktur Konsultan Strategi PwC menyebut, kerjasama ini penting untuk mengembalikan keseimbangan strategis kekuatan dengan China di wilayah mereka.
Pada pertemuan bilateral itu, Modi dan Putin juga membahas pertahanan dan kerjasama nuklir. Rusia nantinya membantu India membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di negara bagian selatan India, Tamil Nadu.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment