Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

24 December 2015

Kalahkan Rusia, Pesawat Tempur AS Terpopuler di Dunia

3:41 PM Posted by Unknown No comments

ANALISIS:(DM) - Pusat Analisis Flight International, mengeluarkan laporan bahwa jet tempur AS F-16 Fighting Falcon menempati posisi pertama sebagai jet tempur paling populer di dunia.
Menurut laporan tersebut, terdapat 2.264 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon di seluruh dunia, atau 16 persen dari total keseluruhan pesawat tempur yang ada di dunia.
Poisisi kedua terbanyak adalah pesawat tempur buatan AS lain, F-18 Hornet/Super Hornet. Terdapat 1.047 buah pesawat tempur F-18 di dunia atau tujuh persen dari total keseluruhan pesawat tempur yang beroperasi secara global.
Sementara Pesawat tempur Rusia, Sukhoi Su-27 atau yang biasa dijuluki oleh NATO, Flanker-B dan Su-30 atau Flanker-C, menjadi jet tempur paling populer ketiga di dunia.
Menurut laporan, terdapat 943 jet tempur dari keluarga sukhoi Su-27 dan Su-30 di dunia, sehingga jumlahnya mencapai enam persen dari total keseluruhan pesawat tempur dunia.
Posisi keempat ditempati oleh pesawat AS F-15 Eagle dengan jumlah 858 pesawat atu sekitar enam persen.
Dua pesawat tempur dan satu pesawat serang Rusia lain juga masuk dalam daftar sepuluh besar pesawat paling populer di dunia. Jet tempur Mikoyan MiG-29 (Fulcrum) menempati posisi kelima dengan jumlah 819 pesawat, sementara MiG-21 (Fishbed) menempati posisi keenam dengan jumlah 551 pesawat atau empat persen dari total keseluruhan.
Tiga posisi terbawah dalam daftar sepuluh besar tersebut dikuasai oleh China, dengan pesawat F-5 (posisi delapan, 482 pesawat), F-7 (posisi sembilan dengan 459 pesawat), dan J-7 (posisi sepuluh dengan 418 pesawat).
Laporan Pusat Analisis Flight International juga menyebutkan terdapat 14.552 pesawat tempur yang beroperasi di seluruh dunia Hingga akhir 2015 ini.

0 komentar:

Post a Comment