Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

02 December 2015

Korea Selatan Memperkuat Tim Lobi Project KF-X

11:10 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
yourfile copy
SEOUL:(DM) - Korea Selatan telah menambahkan sejumlah diplomat ke dalam tim yang melakukan pembicaraan transfer teknologi yang berkaitan dengan F-35 dengan Lockheed Martin, kata para pejabat Korea, Rabu 02/12/2015.
Beberapa pejabat Departemen Luar Negeri setingkat direktur disertai tim Defense Acquisition Program Administration (Dapa) berangkat ke Washington untuk berkonsultasi dengan Lockheed tentang transfer 21 teknologi yang dijanjikan. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat daya tawar tim negosiasi itu.
DAPA awalnya mengatakan perusahaan AS telah sepakat untuk mentransfer teknologi yang akan digunakan dalam pengembangan jet tempur buatan Korea pada tahun 2025.
“Kami akan mengadakan pembicaraan lebih lanjut di Washington setelah putaran pertama perundingan,” kata seorang pejabat Dapa. “Sulit untuk menguraikan rincian negosiasi karena itu adalah masalah pemerintah ke pemerintah.”
“Satu hal yang dapat kita katakan adalah bahwa kami akan melakukan yang terbaik dan memberikan hasil yang terbaik.”
Dimasukkannya pejabat dari kementerian luar negeri mencerminkan keputusasaan pemerintah untuk mendapatkan teknologi tinggi pembuatan jet tempur dari Washington.
Para pengamat pertahanan mengatakan penambahan tim dari Deplu itu tampaknya mencerminkan keseriusan niat Presiden Park Geun-hye, yang menyatakan dukungannya untuk program senilai 8,5 triliun won, Presiden menganggapnya sebagai proyek nasional terpenting.
Para pengamat menyarankan para pejabat untuk menghubungi secara terpisah pejabat Departemen Luar Negeri AS sebagai bagian dari upaya untuk membujuk AS agar mengeluarkan ijin ekspor untuk 21 teknologi, sementara disaat yang sama para pejabat Dapa bisa membahas masalah teknisnya dengan Lockheed.
Departemen Luar Negeri AS bertanggung jawab untuk menyetujui transfer teknologi kunci ke Korea. Departemen Luar Negeri AS pada hari selasa mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan maksimal untuk proyek pengembangan jet tempur Korea, menolak spekulasi yang berkembang bahwa departemen Luar Negeri AS menolak transfer teknologi.
“Amerika Serikat terus mendukung program pertahanan Korea Selatan dan memberikan prioritas untuk mentransfer teknologi pertahanan yang paling sensitif milik kami,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Katina Adams. “Kami berusaha untuk mendukung program pesawat tempur KF-X Korea semaksimal mungkin.
Para pejabat Lockheed, selama perundingan putaran pertama bulan lalu, mengatakan kepada DAPA untuk membagi daftar 21 teknologi yang Korea inginkan , karena teknologi tersebut terdiri dari ratusan rincian teknis yang saling berkaitan.
Koreatimes/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment