Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

26 December 2015

Korea Tanda Tangani Proyek Pesawat KFX, 28 Desember 2015

10:44 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Pesawat KFX / IFX
Seoul:(DM) – Lembaga pengadaan senjata negara Korea Selatan mengatakan pihaknya akan menandatangani kontrak resmi proyek pengembangan pesawat tempur jet, yang dikenal sebagai KF-X, minggu depan, 24/12/2015.
Defense Acquisition Procurement Administration (DAPA) berencana untuk membubuhkan tinta kesepakatan dengan Korea Aerospace Industries Ltd, sebagai pembuat pesawat.
“Negosiasi atas kontrak resmi pada program KF-X berlangsung dengan baik. Tampaknya proyek ini akan resmi ditandatangani pada 28 Desember 2015,” ujar anggota DAPA yang tidak mau disebutkan namanya.
Korea Selatan berharap bisa menghasilkan jet tempur buatan sendiri untuk menggantikan armada F-4 dan F-5 yang telah tua pada pertengahan-2020.
Bulan lalu, KAI mendapatkan jaminan dari Indonesia yang akan membayar 20 persen dari total biaya, yang diperkirakan mencapai $ 15 miliar.
Dalam kontrak antara DAPA dan KAI, enam pesawat uji akan diproduksi pada tahun 2025, menurut pejabat itu.
Proyek KF-X dijalankan dengan dukungan janji dari Amerika Serikat (AS) untuk mentransfer beberapa teknologi jet. Tapi Korea Selatan menghadapi tugas yang menakutkan untuk bisa menemukan alternatif setelah Amerika Serikat menegaskan bahwa empat teknologi inti akan dikeluarkan (tidak diberikan). Teknologi itu adalah radar AESA active electronically scanned radar, infrared search-and-rescue system, electro-optical targeting pod dan radio frequency jammer.
Meski demikian, Korea Selatan, berencana untuk meluncurkan sebuah gugus tugas untuk proyek ini. pada 1 Januari 2016 yang akan terdiri dari 70-80 pejabat dan ahli.
Koreaherald.com/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment