Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

14 December 2015

Militer Rusia Segera Menerima Sistem Rudal S-500

10:52 PM Posted by Unknown No comments
MOSCOW:(DM) - Angkatan Bersenjata Rusia segera menerima prototipe praproduksi sistem rudal pertahanan udara S-500. Hal ini disampaikan ahli pertahanan Rusia, Igor Korotchenko. Korotchenko mengatakan, Rusia memberikan perhatian khusus dalam pengembamngan sistem pertahanan kedirgantaraan.
”Kami mendengar tokoh militer mengatakan, Angkatan Udara Rusia segera menerima sistem (rudal pertahanan udara) yang lebih dari S-400. S-500 akan segera menyelesaikan tes negara dan masuk layanan (militer),” kata Korotchenko setelah pertemuan dengan Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat, 11/12/2015.
Tentara Rusia, menurut Korotchenko, telah mencapai kemajuan yang signifikan dan merupakan salah satu yang terbaik secara global. ”Kondisi ini sepenuhnya mampu membela negara kita selama beberapa dekade yang akan datang,” puji Korotchenko, seperti dikutip Sputnik, Sabtu (12/12/2015).
Sistem rudal pertahanan udara S-500 Prometey yang juga dikenal sebagai 55R6M Triumfator-M adalah sistem rudal anti-pesawat mutakhir dan sistem anti-rudal balistik yang saat ini sedang dikembangkan di Rusia.
Sistem rudal itu dirancang oleh Almaz Antey dan diklaim bisa mencegat hingga sepuluh rudal balistik yang melesat dengan kecepatan 5 kilometer per detik secara bersamaan.
”Rudal S-500 akan digunakan hanya terhadap sasaran yang paling penting, seperti rudal balistik antarbenua, AWACS dan jamming pesawat,” tulis Military Today yang ikut mengulas sistem rudal termutakhir Kremlin itu.
Sistem rudal pertahanan udara S-500 itu rencananya masuk layanan militer Rusia pada tahun 2017. Angkatan Bersenjata Rusia diharapkan akan membeli sepuluh sistem rudal S-500.

0 komentar:

Post a Comment