Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

17 December 2015

Pesawat Australia Patroli, Laut China Selatan Kembali Memanas

5:38 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
LCS:(DM) - Ketegangan di wilayah Laut China Selatan Terus Memuncak. Pasca kecaman Amerika Serikat atas Langkah Tiongkok yang mengubah terumbu-terumbu karang menjadi pulau kceil untuk mendukung fasilitas-fasilitas militer dianggap mengecem kebebasan perlintasan perairan yang terkait dengan spertiga wilayah minyak dunia.
Terbukti militer Australia mulai mengirimkan pesawat pengintai guna berjaga jaga pada perbatasannya. Walau mendapat peringatan dari militer Tiongkok, hal ini terus dilakukan sebagai langkah antisipasi.
Dilansisr daro AFP,  “Royal Australian Air Force AP-3C Orion sedang melakukan patroli maritim rutin di wilayah tersebut sebagai bagian dari Operasi Gateway sejak 25 November-4 Desember,” ungkap juru bicara departemen pertahanan Australia.
Jelas, kebijakan ini membuat Tiongkok geram. Pasalnya pesawat Royal Australia Air Force(RAAF) dianggap tidak memiliki kepentingan melakukan patroli udara di sekitar daerah sensitif tersebut.
Sebelumnya pada bulan Oktober lalu, Militer Amerika sempat membuat Tiongkok geram. Pasalnya kapal penghancur Rudal USS Lassen berlayar dalam jarak 12 mil laut, di mana sedikitnya ada salah satu bagian diklaim dimiliki Tiongkok yakni gugusan Kepulauan Spratly yang disengketakan.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment