Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

10 December 2015

Presiden Jokowi dan Erdogan Sepakat Kapal Genset Raksasa Dibuat di Indonesia

12:39 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Jakarta:(DM) – Presiden Joko Widodo sepakat dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membuat kapal pembangkit listrik ‘genset raksasa’ di Indonesia. Saat ini pemerintah melalui PT PLN menyewa 5 kapal listrik yang diberi nama Karadeniz Powership Zeynep Sultan kepada perusahaan Turki.
Kapal-kapal pembangkit listrik ini akan disebar ke wilayah-wilayah krisis listrik seperti Amurang, Belawan, Lombok, Kupang dan Ambon. Satu dari 5 kapal sudah ada di Tanjung Priok, dan akan dikirim ke Amurang, Minahasa, Sulawesi Utara. Sisa kapal sewa ini akan tiba 6 bulan ke depan.
Kapal ini didatangi dari Turki dan disewa oleh PT PLN (Persero) selama 5 tahun ke depan. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Kapal ini didatangi dari Turki dan disewa oleh PT PLN (Persero) selama 5 tahun ke depan. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Setelah itu, kapal-kapal selanjutnya akan dibuat di Indonesia. Presiden Jokowi sudah bertemu dengan Presiden Erdogan, dan pemilik perusahaan kapal Karadeniz Powership Zeynep Sultan.
“Jadi ke depan, dua minggu yang lalu saya bertemu Presiden Erdogan dan pemilik bahwa untuk setelah yang 5 ini (sewa) harus berikutnya dibangun di Indonesia, dan tadi telah disampaikan pemilik perusahaan bahwa mereka nanti akan mengerjakannya di Indonesia,” ujar Presiden Jokowi saat peresmian kapal berkapasitas 120 MW ini di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (8/12/2015).
Presiden Jokowi berharap, ke depan proses pembuatan kapal ini bisa melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saat ini Indonesia sudah punya BUMN pembuat kapal yaitu PT PAL. “Mungkin join dengan BUMN dan swasta,” katanya.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment