Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

10 December 2015

Presiden Jokowi Tunjuk KASAU Hadiri Roll Out Pesawat N219

1:02 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jakarta:(DM)  – Presiden Joko Widodo membatalkan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12/2015). Semula, Presiden dijadwalkan membuka Festival Anti Korupsi 2015 di Gedung Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (Sabuga ITB) dan meresmikan penampilan perdana Pesawat N-219 di PT DI Bandung.
Tetapi, karena ada beberapa hal yang memerlukan perhatian, Presiden menugaskan seorang menteri untuk membacakan sambutan tertulis pada Festival Anti Korupsi 2015. Sedangkan untuk penampilan perdana Pesawat N-219, Presiden melimpahkan kepada Kepala Staf TNI AU.
Pesawat N219 dibuat oleh 300 insinyur anak bangsa yang dirancang sejak tahun 2007. Target awal purwarupa atau prototype pesawat ini adalah Agustus 2015, tetapi kemudian menjadi November 2015 dan akan tampil perdana hari ini.
Dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (10/12/2015) disebutkan Presiden Jokowi sangat mengapresiasi pembuatan pesawat 100 persen karya anak bangsa. Pesawat N219 juga memiliki kelebihan yang disesuaikan dengan kondisi alam Indonesia.
“Presiden sangat berharap agar industri kedirgantaraan di Indonesia untuk mendukung kebijakan penguatan transportasi udara untuk pembangunan di daerah terpencil (remote area), mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar,” tulis ketetangan tersebut.
Pemerintah mengucurkan Rp 400 miliar untuk 2 purwarupa N219. Dana itu disalurkan lewat LAPAN.
Harga jual resmi pesawat masih belum dirilis, tetapi kemungkinan sekitar US$ 5 juta. Harga ini lebih murah dari kompetitor sehingga Presiden Jokowi menilai akan dapat menekan biaya untuk dialokasikan ke anggaran lainnya.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment