Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

17 December 2015

Rusia Bangun Kapal Selam Misil Tenaga Nuklir

6:20 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Kapal Selam Rusia
MOSCCOW:(DM) - Rusia akan mulai merakit Kapal selam misil tenaga nuklir, proyek Borei-A, Kaisar Alexander III, pada jumat (18/12/15), demikian disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia untuk Angkatan Laut Igor Dygalo, dikutip dari TASS.
“Seremoni penempatan kapal selam nuklir proyek Borei-A terbaru Kaisar Alexander III akan digelar di galangan kapal Sevmash di kota Severodvinsk,” terang Dygalo.
Menurut Dygalo, peresmian tersebut akan dihadiri perwakilan jajaran tinggi Kementerian Pertahanan Rusia, Komandan Angkatan Laut Rusia, Komadan Armada Utara, serta Komadan Markas Marinir Laut Putih.
“Rangkaian kapal selam tenaga nuklir generasi keempat proyek Borei dan Borei-A, yang dipersenjatai dengan misil balistik Bulava, akan menjadi tulang punggung pasukan nuklir strategis angkatan laut untuk beberapa dekade mendatang,” kata Wakil Komadan Angkaran Laut Rusia Viktor Bursuk.
Dygalo menyebutkan bahwa tiga kapal selam proyek Borei-A – Knyaz Vladimir, Knyaz Oleg dan Generalissimo Suvorov – berada di tahap pembangunan yang berbeda di galangan kapal Sevmash.
Saat ini, AL Rusia mengoperasikan tiga kapal selam kelas Borei, yakni Yury Dolgoruky, Alexander Nevsky dan Vladimir Monomakh. Yury Dolgoruky dan Alexander Nevsky bertugas sejak 2013, sementara Alexander Nevsky beropeasi sejak Desember 2014.
Kapal selam Proyek 955-A Kelas Borei-II pertama, yang bernama Knyaz Vladimir, diperkirakan akan mulai beroperasi pada 2017.
Pada 2020, AL Rusia akan mengoperasikan delapan kapal selam misil balistik kelas Borei, tiga kapal selam Proyek 955,
dan lima kapal Proyek 955-A. Kapal selam kelas Borei diperkirakan akan digunakan selama beberapa dekade mendatang, setidaknya hingga 2040.
Diketahui, Rusia telah memiliki kapal selam nuklir strategis untuk mendukung peluncuran misil. jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment