Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

04 December 2015

Rusia Kirim Sistem Rudal S-300 ke Iran

9:42 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
MOSCOW:(DM) - Pembantu presiden Rusia untuk kerjasama teknis militer, Vladimir Kozhin mengatakan, pihaknya telah mulai memasok sistem rudal pertahanan udara S-300 ke Iran.
“Kontrak ini tengah dijalankan. Mereka baru saja mulai memasok sistem rudal S-300 ke Teheran,” katanya.
Sebelumnya, Duta Besar Iran untuk Rusia, Mehdi Sanai pada akhir bulan lalu mengatakan negaranya telah menerima sistem rudal pertahanan udara S-300 pertama dari Moskow. Rusia dan Iran telah menandatangani kontrak pada tahun 2007 untuk penyediaan lima batalyon sistem rudal S-300PMU-1.
Namun, pada 2010 lalu, Presiden Rusia saat itu Dmitry Medvedev melarang pasokan sistem rudal ini ke Teheran. Kontrak bernilai lebih dari USD 800 juta ini pun dibatalkan dan uang muka yang dibayarkan dikembalikan ke Iran.
Iran pun mengajukan gugatan hampir USD4 miliar atas keputusan sepihak Rusia ini ke pengadilan Arbitrase di Jenewa karena Rusia gagal memenuhi kontrak. Pada tahun 2015, Presiden Rusia Vladimir Putih menganulir keputusan ini dan Rusia pun mulai memproduksi sistem rudal S-300 pesanan Iran.
Tidak ada informasi resmi terkait modifikasi sistem rudal S-300 yang akan diterima Iran. Apakah Iran akan menerima S-300PMU 1 yang sudah dihentikan produksinya atau akan menerima varian terbaru yaitu S-300VM./ jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment