Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

15 December 2015

TNI AL Masih Kaji Pembelian Kapal Selam

8:25 PM Posted by Unknown No comments

kilo
SURABAYA:(DM) - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Ade Supandi mengatakan saat ini masih melakukan kajian terkait pembelian kapal selam. Dalam rencana strategis tiga tahun ini, AL memang berencana membeli kapal selam baru untuk keperluan penambahan Alutsista.
Ade mengatakan tahapan pembelian memang tak bisa cepat. Setidaknya butuh tiga tahun untuk bisa merealisasikan pembelian itu. Laksamana Ade mengatakan, tahap pertama adalah tahap perencanaan spesifikasi kapal selam. Kedua, tahap perencanaan anggaran. Ketiga, tahap pembangunan.
Saat ini KASAL bersama tim di Mabes TNI AL masih mengkaji setidaknya tiga pilihan jenis kapal selam. Pertama, kapal selam jenis Kilo buatan Rusia. Kedua, kapal selam produksi Jerman dan Kapal selam jenis Chong Bogo dari Korea Selatan.
“Kita masih kaji. Namun, yang pasti spesifiknya kita butuh kapal selam tipe diesel elektrik,” ujar KASAL di Balai Samudra, Selasa (15/12).
Laksamana Ade mengatakan ketika spesifikasi sudah dipilih maka tinggal menyesuaikan kondisi anggaran negara. Meski begitu, dia tak menampik di dalam negeri memang ada pabrik untuk membuat kapal selam. Namun, terkait hal tersebut KASAL mengembalikan lagi kepada pihak PT. PAL di Surabaya apakah siap atau tidak membuatnya.

0 komentar:

Post a Comment