Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 January 2016

5 Jet Tempur F-16, Tiba Maret 2016

6:21 PM Posted by Unknown No comments
F16CD52ID
F16CD52ID

Jakarta:(DM) – TNI terus menambah kekuatan militernya di Natuna, Kepulauan Riau dan sedang membangun Pangkalan Udara (Lanud) tipe B sebagai basis kekuatan angkatan udara.
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna mengatakan, pengembangan Lanud menjadi tipe B sejalan dengan rencana penambahan pasukan khusus angkutan udara (Paskhas).
“Rencana akan ada (penambahan) batalyon Paskhas, tapi lihat dulu pembangunan (Lanud) di Natuna, mungkin awalnya tidak satu batalyon” ujar KSAU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, 5 Januari 2016.
Selain itu, sejumlah pesawat tempur juga akan disiagakan di Kepulauan Natuna. Sedangkan tambahan jet tempur F16 yang rencana akan tiba awal Maret 2016, akan ditempatkan di Lanud tipe A, Riau.
f16
“Radar di Natuna juga kita geser ke tempat strategis. Begitu juga pesawat tempur yang standby di sana. Untuk pesawat F 16 harusnya sudah datang lima pesawat. Tapi ada sesuatu hal, mundur akhir Februari atau awal Maret, dan diletakkan di Riau,” ujar Marsekal Agus Supriatna.
Wilayah Kepulauan Natuna terletak di perairan selat Malaka yang berbatasan langsung dengan wilayah Laut China Selatan. Ketegangan di Natuna meningkat setelah Tiongkok sempat mengklaim wilayah Natuna masuk kedalam teritorialnya.
TNI terus menyiagakan beberapa armada tempur di Natuna, untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Kepulauan Natuna nantinya akan sangat kuat, karena dilengkapi Armada Angkatan Laut dan juga Angkatan Udara. Blok Natuna diketahui kaya akan kandungan minyak bumi.
Sumber : Viva.co.id

0 komentar:

Post a Comment