Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

28 January 2016

Foto-Foto Terbaru Pesawat Tempur Siluman F-3 Jepang

9:51 PM Posted by Unknown No comments
TOKYO:(DM) - Foto-foto terbaru pesawat tempur generasi kelima Jepang, Advanced Technology Demonstrator – X (ATD-X) telah dirilis diinternet oleh Sankei Shimbun. Prototipe pertama dari pesawat tempur siluman masa depan F-3 Jepang telah dipamerkan hari ini, 28 Januari.
Sebuah prototipe pesawat tempur superioritas udara generasi ke-5 Jepang, Mitsubishi ATD-X Shinshin, akan melakukan penerbangan perdananya pada February.
Pesawat yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknis Departemen Pertahanan Jepang (Japanese Defense Ministry’s Technical Research and Development Institute -TRDI), akan menjalani taxi dan uji darat di pusat pengujian Mitsubishi Heavy Industries di Prefektur Aichi, sebelum diterbangkan ‘kemungkinan pada bulan Februari’.
japan_atdx_demonstrator_640_004
Pesawat siluman F-3, diharapkan mulai diproduksi serial pada tahun 2027, meskipun terjadi penundaan pada prototipe ATD-X, awalnya dijadwalkan akan dikembangkan sepenuhnya pada tahun 2018. Proyek senilai $ 340 juta ini dimulai pada tahun 2009.
Pesawat siluman pertama buatan dalam negeri Jepang ini memiliki panjang 14,2 meter, lebar 9,1 meter dan tinggi 4,5 meter – dijadwalkan akan diterbangkan dari bandara Nagoya.
japan_atdx_demonstrator_640_001
Pesawat siluman ATD-X akan menguji teknologi baru, termasuk radar AESA generasi kedua, sistem kontrol penerbangan canggih “fly-by-fiber-optic” yang dapat mendeteksi kegagalan kontrol dan kerusakan akibat pertempuran, peralatan ESM dan ECM canggih, dan mesin turbofan dengan daya dorong vectoring buatan Jepang.
japan_atdx_demonstrator_640_002
Airrecognition/jkgr

0 komentar:

Post a Comment