Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

12 January 2016

Menko Polhukam : TIdak Mudah Ambil Alih FIR, Tapi Kita Lakukan

10:20 PM Posted by Unknown No comments

Jakarta:(DM) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Pandjaitan membahas rencana pengambilalihan ruang kendali udara (Flight Information Region / FIR) Indonesia dengan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan.
Menko Polhukam mengatakan, dalam beberapa waktu ke depan Indonesia tetap akan patuh pada kesepakatan yang menyerahkan kendali ruang udara di sekitar Kepulauan Riau kepada Singapura.
Sebelum ada kesepakatan baru, Indonesia tidak dapat langsung mengambil ruang kendali udara yang padat penerbangan tersebut. “Tentu tidak bisa langsung kami ambil alih sebelum ada pembicaraan,” ucapnya.
Luhut Pandjaitan mengatakan proses pengambilalihan kendali ruang udara baru akan selesai dalam waktu lima tahun ke depan.
“Tim kami akan berbicara, mungkin bisa selesai ke depan. Ini persoalan yang tidak mudah tapi sudah ada negosiasi teknis,” ujarnya di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (12/1/2015).
November lalu, Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean menyatakan ketidaksetujuannya dengan rencana pengambilalihan kendali ruang udara oleh Indonesia.
Sumber : CNN Indonesia

0 komentar:

Post a Comment