Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

19 January 2016

PT. PAL Luncurkan PKR10514 serta SSV

10:45 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
SURABAYA:(DM) - Senin pagi, galangan kapal nasional PT.PAL meluncurkan 2 jenis kapal sekaligus. kapal perang itu adalah jenis Light Frigate pkr-10514, serta kapal angkut Strategic Sealift Vessel, pesanan pemerintah Philipina. Peresmian kapal ini dihadiri oleh menteri pertahanan Indonesia dan Philpina serta Kepala staf angkatan laut Indonesia dan Philipina.



Kapal perang PKR 10514 merupakan pesanan Kementrian Pertahanan, yang nantinya akan dioperasikan oleh TNI Angkatan Laut. Kapal ini merupakan jenis kapal tempur Light Frigate paling mutakhir yang dimiliki indonesia. Kapal berbobot 2300 ton ini sedianya dilengkapi meriam cepat kaliber 76mm, Oerlikon Skyshield 35mm, Rudal Exocet Block 3, Rudal anti serangan udara, serta Torpedo. Namun dari pantauan ARCinc dilapangan, baru tampak meriam 76mm yang terpasang. Namun Radar utama tampak sudah terpasang meski selubungnya belum dibuka. 


Selanjutnya Kapal PKR 10514 akan diberi nama KRI RE Martadinata. Sementara kapal PKR 10514 kedua nantinya akan diberi nama KRI I Gusti Ngurah Rai. Menurut Kepala staf TNI-AL, Laksamana TNI Ade Supandi, TNI-AL sendiri membutuhkan sekitar 25 unit kapal sejenis pkr-10514.

Sementara itu Kapal perang SSV pesanan pemerintah Philipina merupakan jenis kapal Angkut. Kapal ini mampu membawa 500 Prajurit serta kendaraan tempur. Kapal ini juga mampu menampung 3 unit helikopter sekaligus. Selanjutnya kapal SSV diberi nama BRP TARLAC. 


Kesibukan yang tak biasa terlihat di kawasan PT.PAL di Surabaya Jawa Timur. Selain menyiapkan kapal, sejumlah tenda juga tengah dibangun. Tak heran, pasalnya pada Senin pagi, PT.PAL akan meluncurkan 2 kapal sekaligus, yaitu PKR10514 pesanan Kementrian Pertahanan serta Kapal SSV pesanan Filipina.


Dari pantauan ARCinc di lapangan, tampak PKR10514 sudah gagah terlihat berhadapan dengan kapal SSV. Di Kapal PKR juga sudah terlihat meriam 76mm, namun Millenium Gun yang seharusnya berada di belakang meriam utama tampak belum terpasang. Untuk Kapal SSV juga sudah terlihat utuh. Sekilas kapal ini mirip dengan LPD yang telah dibuat PT.PAL sebelumnya dengan kapasitas 2 helipad serta hangar.


Dengan bobot 2300 ton, Kapal perang PKR 10514 ini bisa dibilang sekelas Light Fregat. Kapal sekelas ini sangat dibutuhkan oleh TNI-AL mengingat luasnya lautan yang harus dijaga, sekaligus mampu memberikan efek gentar. Seperti umumnya Light Fregate, PKR10514 akan dilengkapi sejumlah persenjataan mematikan. Sejauh ini belum ada rilis resmi mengenai jenis dan jumlah persenjataan PKR10514. Hanya saja disebutkan kapal ini nantinya memiliki kemampuan peperangan 3 dimensi, yaitu permukaan, udara dan bawah permukaan.


Untuk peluru kendali, kemungkinan besar masih menggunakan keluarga besar Exocet. Namun, yang menarik, di belakang meriam utama, terdapat sejumlah peluncur rudal dengan sistem Vertical Launch. Kapal sepanjang 105 meter ini juga memiliki helideck dengan kapasitas heli mencapai 10 ton. Bahkan, menilik dari rancangan yang ada, PKR nantinya akan memiliki hangar khusus helikopter. Suatu hal yang tak dimiliki oleh kapal perang kelas Sigma TNI-AL sebelumnya.

Yang menarik juga, ketika ARCinc mendatangi PT.PAL tampak satu modul telah tiba dari Belanda. Modul ini nantinya akan dipasang pada kapal perang PKR10514 kedua.




Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment